Takbir Keliling di Bantul Dilombakan, Peserta Makin Kreatif

Berbagai kreasi peserta meriahkan lomba takbir keliling di pasar lama Imogiri, Desa Karangtalun, Kecamatan Imogiri, Kamis (14/6/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
14 Juni 2018 21:10 WIB Herlambang Jati Kusumo Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL --Panitia Takbir Keliling Imogiri (PTKI) menyelenggarakan lomba takbir keliling yang diikuti puluhan kelompok peserta perwakilan masjid di Bantul.

Sekretaris PTKI, R.Herningtyas Prisma Sari mengatakan mengatakan setidaknya ada 33 perwakilan masjid baik dari Imogiri maupun luar Imogiri. Jumlah peserta sendiri ditaksir mencapai ribuan orang.

"Terpenting dalam kegiatan ini bukan hanya meriah-meriahnya namun bagaimana pesan atau syiar agama Islam tersebut dapat tersampaikan dengan baik," ujarnya Kamis (14/6/2018).

Dalam kegiatan ini sendiri peserta akan memperebutkan tiga juara utama dan satu juara terfavorit. "Harapannya dengan apresiasi juara itu meski hanya piagam, sertifikat, dan trophy dapat menumbuhkan semangat perdamaian,"katanya.

Rute yang dilalui peserta sendiri dari lapangan pasar lama Imogiri sampai lapangan Demi, Imogiri. Berbagai kreasi coba ditunjukan peserta baik replika masjid atau berbagai replika lainnya.

Salah satu peserta dari Jamaah As-salam Galih Caesar Prabowo mengatakan dia dan rekannya antusias mengikuti kegiatan tersebut dikarenakan dapat menyampaikan pesan damai Islam.

"Acara tahunan ini untuk menyambut hari kemenangan, dan kami antusias juga untuk menyampaikan pesan Islam. Harapannya kedepan semakin terkonsep, karena saat ini kan belum ada tema yang pasti," ujarnya.