Malam Lebaran, Arus Mudik Masih Terlihat di Kulonprogo

Mobil milik Kepolisian resor Kulonprogo mengarah ke Teteg Wetan, Dusun Jogoyudan, Wates, Wates, Kamis (14/6/2018). - Harian Jogja/Beny Prasetya
14 Juni 2018 23:18 WIB Beny Prasetya Kulonprogo Share :
Adplus Tokopedia

Harianjogja.com, KULONPROGO -- Kondisi arus mudik di Kulonprogo khususnya ruas jalan nasional Purworejo - Jogja masih ramai lancar pukul 20.30 WIB, Kamis (13/6/2018).

Adapun kemacetan malah terjadi di jantung Kulonprogo yakni Kecamatan Wates, tepatnya di seputaran kompleks pemerintah kabupaten Kulonprogo dan Alun-alun Wates.

Kemacetan di sekitar jalan Sugiman, Jalan Bhayangkara, dan jalan Diponegoro Wates diakibatkan adanya perayaan Idulfitri yakni perlombaan takbir keliling. Pengalihan jalan dari arah Alun-alun Wates menuju arah Sugiman ditutup untuk pelaksanaan lomba takbir keliling itu.

Kepala Bidang Lalulintas Dishub Kulonprogo Hera Suwanto mengatakan malam ini arus kepadatan kendaraan masih sama dengan dua malam sebelumnya. Menurutnya belasan ribu orang akan tetap melintasi wilayah Kulonprogo khusus di malam lebaran.

"Untuk malam ini memang relatif sama dengan hari kemarin yang menjadi kepadatan tertinggi arus mudik, karena pantauan tadi masih ada pemudik yang terjebak di jalan," katanya.

Sementara, Kapolres Kulonprogo AKBP Anggara Nasution menyatakan arus mudik 2018 terpadat ialah malam lebaran ini. Ia juga meminta pemudik yang melintasi Kulonprogo mempertimbangkan adanya jalur alternatif yang ada.

Yakni jalan Daendels yang telah di buka serta Jl Wahid Hasyim yang berada di simpang empat Toyan untuk area selatan menuju Bantul. Adapun untuk alternatif untuk dari Purworejo ke Sleman Magelang Borobudur bisa melalui jaur Senotolo.

"Kita maksimalkan semua, sedari Rabu [13/6/2018] sudah kami buka jalan Deandles," katanya.

Adplus Tokopedia