Advertisement

Wisata Merapi di Kaliadem Ramai di Hari Lebaran

Fahmi Ahmad Burhan
Sabtu, 16 Juni 2018 - 09:17 WIB
Nina Atmasari
Wisata Merapi di Kaliadem Ramai di Hari Lebaran Jip melewati Gerbang Kawasan Wisata Kaliadem setelah sebelumnya mengunjungi beberapa objek wisata di Kawasan Wisata Kaliadem pada (15/6/2018). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Kawasan Wisata Kaliadem terpantau ramai di hari pertama lebaran pada Jumat (15/6/2018). Meski demikian pengelola memprediksi akan ada penurunan tingkat kunjungan karena faktor status Gunung Merapi yang masih waspada.

Pengelola Kawasan Wisata Kaliadem Suprianto mengatakan mulai dari hari pertama lebaran, kunjungan ke Kawasan Wisata Kaliadem terpantau ramai. “Setelah Jumatan tadi mulai ramai, dan jika dibandingkan dengan hari pertama di lebaran tahun lalu, di hari ini (15/6/2018) lebih ramai,” katanya pada Harianjogja.com (15/6/2018).

Advertisement

Suprianto mengatakan di tahun lalu, sekitar 700 kunjungan tercatat di hari pertama lebaran, sedangkan tahun ini menurutnya bisa lebih tinggi jumlah kunjungannya. Ia mengatakan puncak keramaian Kawasan Wisata Kaliadem diprediksi akan terjadi pada H+3 atau pada Senin (18/6/2018).

Dalam satu hari jika melihat tahun lalu, Supriyanto mengatakan paling ramai jumlah kunjungan bisa mencapai 1.500 sampai 2.000 kunjungan.

Meski demikian, menurut Suprianto, pada libur lebaran tahun ini jumlah kunjungan diprediksi akan dipengaruhi juga oleh status Gunung Merapi yang masih waspada. “Kita lihat nanti di H+3 apakah memang menurun jika dibanding lebaran tahun lalu, atau malah meningkat,” jelasnya.

Suprianto mengatakan pengunjung juga sering menanyakan perihal keamanan wisata di lereng Merapi. Namun Suprianto tetap berpegang pada himbauan dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

“Di destinasi paling atas saja seperti Bunker Kaliadem itu radius empat kilometer dari puncak, sedangkan himbauan BPPTKG kan tiga kilometer, jadi kita informasikan ke pengunjung bahwa di Kawasan Wisata Kaliadem aman,” katanya.

Selain itu, dalam antisipasi, pihak pengelola juga memberikan pendampingan di tiap-tiap objek wisata, agar ketika terjadi peningkatan aktivitas Gunung Merapi pengunjung tidak panik.

Di Kawasan Wisata Kaliadem, pengunjung bisa menyusuri beberapa lokasi wisata dengan menggunakan jip. Ada beberapa objek wisata diantaranya, Bunker Kaliadem, Petilasan Mbah Maridjan, Kali Kuning Park, dan Batu Alien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ruang Erupsi, Penutupan Operasional Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement