Advertisement

Tak Hanya Mobil, Parkir Sepeda Motor di Depan Gembira Loka Juga Tak Wajar, Rp5.000

I Ketut Sawitra Mustika
Minggu, 17 Juni 2018 - 21:17 WIB
Nina Atmasari
Tak Hanya Mobil, Parkir Sepeda Motor di Depan Gembira Loka Juga Tak Wajar, Rp5.000 Karcis parkir sepeda motor di depan Gembira Loka Zoo, Minggu (17/6/2018). - Harian Jogja/ I Ketut Sawitra Mustika

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Nuthuk parkir atau menaikkan tarif secara tak wajar di sekitar objek wisata Gembira Loka Zoo tak hanya menimpa pengendara mobil. Pengguna sepeda motor pun juga ikut 'kebagian' jatah bayar parkir dengan harga yang cukup tinggi.

Harianjogja.com mengalami sendiri akibat dari kenalan para juru parkir. Untuk sekali parkir, mereka menetapkan parkir sebesar Rp5.000. Padahal di tempat parkir yang disediakan pihak Gembira Loka Zoo, uang yang perlu dikeluarkan hanya Rp2.000.

Advertisement

Saat Harianjogja.com berkunjung ke Gembira Loka Zoo, awalnya hendak parkir di tempat resmi, tapi karena penuh, petugas mengarahkan untuk jalan terus.

Saat sudah mencapai pintu keluar, beberapa orang pria mengarahkan untuk parkir di tempat parkir yang berlokasi di sebelah barat Gembira Loka Zoo. "Parkir Kendaraan Mitra. Sepeda Motor Rp5.000," begitu tertulis dalam karcis parkir yang diberikan oleh tukang parkir.

Seperti diberitakan sebelumnya, akibat nuthuk kembali terjadi. Seorang wisatawan asal Klaten, Ibrahim, mengaku saat berkunjung ke Gembira Loka Zoo harus membayar tarif parkir sebesar Rp30.000. Ia tidak parkir di tempat resmi, tapi di lahan parkir musiman, yang muncul saat libur panjang tiba.

Kepala Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Jogja Imanuddin Aziz mengatakan, tempat parkir yang berada di sekitaran Gembira Loka Zoo merupakan salah satu titik yang menjadi fokus utama Pemerintah Kota Jogja selama H+ Lebaran 2018.

"Jadi gawenya Pemkot pada H+ Lebaran ya di Gembira Loka itu. Kami memang fokus melakukan penindakan. Tidak lagi hanya pengawasan dan pembinaan, karena kami sudah awali pada Natal dan Tahun Baru lalu. Saat itu ada seorang juru parkir yang di-tipiring [tindak pidana ringan]," jelas Aziz melalui sambungan telepon, Minggu (17/6/2018).

Ia menyatakan, pada Minggu siang, Dinas Perhubungan Kota Jogja sudah melakukan pembinaan dan pengawasan parkir di area Gembira Loka Zoo. Rencananya, penindakan dilakukan pada malam ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement