Advertisement

Gunungkidul Semakin Menarik, Ini Buktinya

Jalu Rahman Dewantara
Senin, 18 Juni 2018 - 23:17 WIB
Nina Atmasari
Gunungkidul Semakin Menarik, Ini Buktinya Salah satu sudut pemandangan di Pantai Baron, Gunungkidul -

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL -Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul mencatat adanya kenaikan jumlah kendaraan yang memasuki bumi handayani pada momen mudik tahun ini. Total kenaikan mencapai 12,01%.

Pendataan yang dilakukan Dishub Gunungkidul di Pos Mandiri, Desa Patuk, Kecamatan Patuk sejak 8-15 Juni kemarin mencatat sebanyak 198.590 kendaraan telah memasuki Gunungkidul. Adapun untuk jumlah kendaraan pada 2017 lalu mencapai 174.733.

Advertisement

"Kemarin memang terpantau jalan masuk ke Gunungkidul cukup dipadati kendaraan khususnya didominasi motor dan mobil," ujar Kasi Pengendali dan Operasi Dishub Gunungkidul, Bayu Aji, Senin (18/6/2018).

Bayu mengungkapkan pihaknya sebelumnya telah memprediksi peningkatan jumlah tersebut. Namun dia tak menduga akan mencapai 12%. "Prediksi kami sebenarnya [peningkatan] 7-8 persen, tapi ternyata bisa sampai 12 persen," ujarnya.

Adapun salah satu yang menjadi faktor peningkatan jumlah kendaraan tersebut menurut Bayu adalah lamanya cuti Lebaran bagi para PNS. Sebagaimana diketahui untuk tahun ini pemerintah memberi jatah cuti bagi para PNS mulai dari 11-20 Juni.

Kepla Dishub Gunungkidul, Syarief Armunanto menambahkan selain faktor libur Lebaran, peningkatan jumlah kendaraan juga lantaran makin berkembangnya wisata di Gunungkidul.

Dimungkinkan pengendara yang masuk ke Gunungkidul pada pendataan tersebut tidak hanya pemudik saja, tapi juga para wisatawan.

"Tak bisa dipungkiri, faktor makin majunya wisata juga sangat berpengaruh pada jumlah kendaraan yang masuk ke sini," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement