Advertisement

Hibur Pemudik, Pemuda Pasutan Bantul Gelar Pentas Kesenian

Ujang Hasanudin
Selasa, 19 Juni 2018 - 12:10 WIB
Laila Rochmatin
Hibur Pemudik, Pemuda Pasutan Bantul Gelar Pentas Kesenian Pemuda Dusun Pasutan bermain reog wanoro kubro di Lapangan Pasutan, Senin (18/6/2018). Pentas kesenian yang sudah dilaksanakan sejak tiga hari terakhir itu untuk menghibur masyarakat sekitar. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Para pemuda pemudi Dusun Pasutan, Trirenggo, Bantul menggelar pentas kesenian di Lapangan Pasutan, Senin (18/6/2018). Pentas kesenian yang sudah dilaksanakan sejak tiga hari terakhir itu untuk menghibur masyarakat sekitar dan para pemudik sebelum kembali ke berbagai daerah setelah liburan Lebaran.

Kesenian yang ditampilkan di antaranya jatilan, reog, ketoprak, dan karawitan. "Yang pentas sebagian besar warga Pasutan, tetapi ada juga dari luar Pasutan yang kami undang untuk memeriahkan," kata Kepala Dukuh Pasutan, Susilo, di sela-sela pementasan.

Susilo mengatakan pentas kesenian lokal di Lapangan Pasutan digelar setiap tahun dari H+1 sampai H+4 Lebaran dan sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu. Awalnya, kata dia, pentas kesenian dilakukan oleh anak-anak setelah Lebaran. Para pengurus RT kemudia mengakomodasi kebiasaan tersebut agar lebih tertata.

Bahkan sejak beberapa tahun terakhir pentas kesenian dalam mengisi liburan Lebaran ini dilengkapi dengan panggung hiburan dan keamanan agar penonton lebih menikmati hiburan tersebut. Pendanaan berasal dari iuran masyarakat, sponsor, dan Pemerintah Kabupaten Bantul.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement