Advertisement

Libur Lebaran, Kebutuhan Ikan di Pantai Depok Capai 4 Ton

Ujang Hasanudin
Selasa, 19 Juni 2018 - 17:10 WIB
Laila Rochmatin
Libur Lebaran, Kebutuhan Ikan di Pantai Depok Capai 4 Ton Wisatawan membeli ikan segar di Pasar Ikan Segar Pantai Depok Parangtritis, Bantul, Selasa (19/6/2018). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Mina Bahari Pantai Depok, Parangtritis, Kretek, ramai dikunjungi wisatawan sejak beberapa hari terakhir. Bahkan ikan laut segar yang terjual di pasar tersebut selama libur Lebaran meningkat.

Arif Wahid Nugroho, salah satu petugas pencatat ikan masuk ke TPI Mina Bahari menyebut kebutuhan ikan untuk konsumsi wisatawan sejak H+1 Lebaran, setiap hari mencapai tiga hingga empat ton. Meningkat dari hari biasanya yang hanya di bawah satu ton dan libur panjang selain Lebaran satu hingga dua ton.

"Kalau hari-hari biasa maksimal ikan terjual satu ton. Libur Lebaran ini sampai empat ton," kata Arif, Selasa (19/6/2018).

Meski kebutuhan ikan meningkat, tetapi TPI Mina Bahari tidak kehabisan stok, karena sudah diantisipasi sebelumnya. Pihaknya sudah meminta pemasok ikan untuk menambah pasokan hingga sepekan ke depan. Ikan yang dipasok ke TPI akan didistribusikan kembali ke warung-warung makan di Pantai Depok dan Parangtritis. Sebagian dibeli langsung wisatawan ke TPI untuk dibawa pulang.

Ikan-ikan segar tersebut hampir 90% didatangkan dari luar daerah atau wilayah penghasil ikan di Pantai Utara. Karena dari nelayan lokal Bantul hasilnya tidak banyak. Selain itu, hasil tangkapan nelayan Bantul kurang diminati wisatawan yang datang ke Pantai Depok dan Parangtritis.

Jenis ikan yang paling laris diburu wisatawan di antaranya adalah udang, cumi, kakap merah, cakalan, kerang dan kepiting laut. Tingginya permintaan jenis ikan tersebut membuat harga naik pada kisaran Rp5.000-10.000 per kilogram. Udang tambak misalnya selama libur Lebaran ini dijual Rp90.000-Rp95.000 per kilogram. Padahal sebelumnya hanya Rp85.000.

Bawal laut naik dari Rp65.000 menjadi Rp70.000, cumi-cumi naik dari Rp60.000 menjadi Rp65.000, cakalan naik dari Rp25.000 menjadi Rp30.000. Sementara kakap Rp60.000 per kilogram, kerang Rp25.000. Adapun kepiting laut nyaris tidak ada karena harganya yang melambung hingga di atas Rp100.000 per kilogram.

Arif mengatakan kenaikan harga ikan masih wajar karena tingginya permintaan selama libur Lebaran ini. Kenaikan tersebut bukan hanya dari pedagang TPI Mina Bahari, tetapi dari pemasok ikan. "Dari koperasi kami sendiri sudah mematok kenaikan maksimal di angka Rp10.000," ujar dia.

Ketua TPI Mina Bahari Pantai Depok, Tarmanto mengatakan setiap memon liburan, kebutuhan ikan untuk wisatawan meningkat. Ia tidak menampik pasokan ikan sebagian besar dari Pantai Utara, karena nelayan Pantai Selatan, khususnya Bantul tidak mampu mencukupi, bahkan jauh dari mencukupi.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement