Advertisement

Tim Ini yang Sangat Sibuk Saat Libur Lebaran

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 19 Juni 2018 - 12:20 WIB
Arief Junianto
Tim Ini yang Sangat Sibuk Saat Libur Lebaran Antrian kendaraan yang melewati Posko Pengamanan di Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS) Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Minggu (17/6/2018). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Memasuki arus mudik, libur Lebaran, dan arus balik, kepolisian dengan tim yang sering disebut dengan tim ganjal harus bekerja ekstra. Pasalnya sejumlah kendaraan sempat mengalami macet mesin saat melewati jalan menanjak.

Kasatlantas Polres Gunungkidul AKP Mega Tetuko mengatakan tim ganjal ban tersebut sebenarnya bernama tim urai yang bertugas untuk membantu menyelesaikan permasalahan saat perjalanan.

Advertisement

“Tim ganjal lebih tepatnya tim urai sebenarnya memiliki tugas untuk mengurai kemacetan, menghindari kecelakaan lalu lintas dengan memberikan himbauan ke pengguna jalan dan membantu pengguna jalan saat dibutuhkan, salah satunya ganjal ban tersebut,” ucapnya, Selasa (19/6/2018).

Mega mengatakan salah satu titik yang sering menyebabkan kendaraan terutama mobil atau angkutan besar macet yaitu di tikungan Slumprit, Desa Patuk, Kecamatan Patuk, Gunungkidul.

Guna mengantisipasi hal itu Mega mengatakan petugas kepolisian sudah bersiap di pos pengamanan Hargodumilah, dan petugas yang siap mengganjal ban saat ada kendaraan mengalami kemacetan.

“Kondisi geografis Gunungkidul beberapa tanjakan menikung, namun kami sudah siapkan personil selama Operasi Ketupat ini membantu jika ada kendaraan bermasalah,” ucapnya.

Selain itu pihak kepolisian juga memperhatikan beberapa jalan yang memiliki tipe bottleneck atau kondisi penyempitan lebar jalan dari kondisi jalan yang normal di salah satu titik atau ruas jalan sehingga membuat kemacetan atau perlambatan lalu lintas.

“Beberapa kawasan pantai juga sempat ada buka tutup jika padat atau pemberlakuan satu arah, untuk mengantisipasi kemacetan, atau kecelakaan,” ucapnya.

Arus lalu lintas di kawasan Gunungkidul diakuinya memang terbilang padat lantaran banyak wisatawan yang berkunjung ke Bumi Handayani. Berdasarkan data Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul, dari Sabtu (16/6/2018) hingga Senin (18/6/2018) sebanyak 181.016 wisatawan mendatangi Gunungkidul.

“Memang sangat padat kemarin jalan, kunjungan wisatawan meningkat dibanding hari biasa. Terutama kawasan menuju pantai, dan jalan utama Jogja-Wonosari cukup padat saat sore hari atau mereka pulang dari wisata,” ucapnya.

Dari pantauan Harianjogja.com, beberapa kendaraan memang sempat mengalami kemacetan di sejumlah titik menuju kawasan wisata pantai, dan di kawasan Pos Hargodumilah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement