Advertisement

Sempat Diserbu Pemudik, Pelayanan di Kantor Disducapil Mulai Lengang

Beny Prasetya
Selasa, 19 Juni 2018 - 15:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Sempat Diserbu Pemudik, Pelayanan di Kantor Disducapil Mulai Lengang Ruang pelayanan publik di Kantor Disdukcapil Kulonprogo terlihat lengang, Selasa (19/6/2018). Harian Jogja - Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Selama libur Lebaran, Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kulonprogo membuka pelayanan data kependudukan. Berdasar data Disdukcapil, pada Selasa (19/6/2018) hanya ada 70 orang warga yang datang mengakses beberapa pelayanan yang tersedia. Dari 70 pelayanan, 40 pelayanan di antaranya merupakan permohonan mutasi kependudukan oleh pemudik yang telah menetap di alamat baru.

Jumlah ini menurun drastis dibanding pelayanan pada Senin (11/6/2018). Selama pelayanan mulai pukul 09.00 WIB hingga 13.00 WIB, Disdukcapil melayani hampir 250 orang. "Kami masih tetap membuka pelayanan pada Rabu [20/9/2018] meski warga yang mengakses tidak terlalu banyak. Kami tetap berusaha melayani masyarakat dengan baik," Kata Kepala Disdukcapil Kulonprogo, Djulistyo, Selasa.

Advertisement

Menurut Djulistyo, seluruh jenis pelayanan di Disdukcapil Kulonprogo dapat diakses pada Rabu, seperti layanan pembuatan akta kelahiran, perubahan kartu keluarga, hingga layanan three in one untuk keluarga yang memiliki tambahan anggota keluarga. "Kami juga bersyukur antrean tidak terlalu banyak dan warga yang tengah mudik dapat terlayani dengan baik," ujarnya.

Haryana, 26, warga Kecamatan Nanggulan menyatakan dirinya datang ke Kantor Disdukcapil Kulonprogo untuk mengakses layanan three in one. Dirinya yang baru saja mendapatkan anak di akhir bulan puasa mengaku belum bisa membuat akta untuk anaknya saat libur Lebaran. "Merasa terbantu dan tidak perlu mengantre," katanya.

Selain Disdukcapil, beberapa instansi Pemkab Kulonprogo juga membuka pelayanan selama libur Lebaran. Berdasar pantauan Harian Jogja, Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kulonprogo juga membuka layanan pembuatan kartu tanda pencari kerja atau AK 1. Meski demikian, pada Selasa kemarin tidak terlihat adanya aktivitas di kantor tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement