Pemkab Bantul Akan Bangun Pasar Barongan

Kepala Dinas Perdagangan Bantul Subiyanta Hadi (bertopi), Senin (11/6/2018). - ist/Dinas Pedagangan Bantul
21 Juni 2018 13:10 WIB Laila Rochmatin Bantul Share :
Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia

Harianjogja.com, BANTUL--Dinas Perdagangan terus mempersiapkan pembangunan Pasar Barongan, Desa Sumberagung, Jetis. Rencanannya pembangunan pasar tersebut menggunakan dana tugas pembantuan (TP) dari Kementerian Perdagangan sebesar Rp6 miliar.

Kepala Dinas Perdagangan Bantul Subiyanta Hadi mengatakan wacana pembangunan pasar masih dalam tahap perencanaan. Meski demikian, ia optimistis pembangunan dapat sesuai dengan target yang telah ditentukan.

“Akhir Juli semua urusan sudah kelar termasuk rekanan yang akan membangun pasar. Yang jelas, untuk saat ini, kami masih mempersiapkan pencairan dana yang digunakan membangun pasar,” kata Subiyanta, akhir pekan lalu.

Menurut dia, dari sisi pagu anggaran, dana TP senilai Rp6 miliar sudah siap. Namun untuk pencairan ada beberapa persyaratan yang dipenuhi mulai dari surat rekomendasi dari gubernur, surat pengantar dari bupati hingga surat dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) terkait dengan status tanah. “Semua harus ada sehingga kami harus mengurus semuanya untuk pencairan,” ucapnya.

Subiyanta menjelaskan dari beberapa persyaratan yang dibutuhkan, status tanah pasar menjadi salah satu kendala. Pasalnya hingga saat ini status tanah belum bersertifikat karena masih berupa letter C. Padahal, lanjut dia, di dalam persyaratan status tanah harus bersertifikat. “Sudah kami selesaikan dengan berkoordinasi dengan BPN,” katanya lagi.

Rencana pembangunan Pasar Barongan melalui proses yang panjang. Hal ini terjadi karena luasan pasar tidak sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh Kemendag. Meski demikian, lanjut Subiyanta, permasalahan tersebut bisa diatasi karena ada rekomendasi perluasan yang dikeluarkan oleh Pemkab sehingga sesuai dengan apa yang ditentukan oleh Pusat. “Ya kami yakin dana TP bisa cair meski batas waktu pencairan diberi tenggat waktu hingga akhir Juli,” katanya.

Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia