Advertisement

Pos Pemantauan Lalu Lintas Lebaran Ditutup Minggu

David Kurniawan
Jum'at, 22 Juni 2018 - 14:10 WIB
Laila Rochmatin
Pos Pemantauan Lalu Lintas Lebaran Ditutup Minggu Pemudik sepeda motor. - Bisnis Indonesia/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Cuti bersama libur Lebaran telah berakhir Rabu (20/6/2018), tetapi petugas dari Dinas Perhubungan Bantul masih terus memantau arus lalu lintas. Rencananya pos pemantauan akan dihentikan pada Minggu (24/6/2018).

Kepala Dinas Perhubungan Bantul Aris Suharyanta mengatakan pihaknya masih terus bersiaga untuk memantau kondisi arus lalu lintas, meski libur Lebaran telah berakhir. Menurut dia, pemantauan dilakukan di 12 titik pemantauan dengan posko induk di Pasar Seni Gabusan. “Tetap disiagakan karena arus kendaraan masih berpotensi terjadi kepadatan,” kata Aris, Kamis (21/6/2018).

Menurut dia, kesiapsiagaan terus dilakukan untuk memastikan kondisi arus lalu lintas berjalan lancar, khususnya jalur menuju kawasan wisata.. “Untuk berjaga-jaga kalau saat ada kepadatan kendaraan sehingga bisa dilakukan rekayasa arus agar kelancaraan tetap terjaga,” ucapnya.

Untuk penyelenggaraan operasi selama libur Lebaran, dinas akan mengevaluasi pelaksanaan setelah pos pemantauan berakhir. “Evaluasi perlu untuk menentukan kebijakan dalam operasi Lebaran di tahun berikutnya. Dalam evaluasi akan diketahui apa kekurangan dan kelebihan selama pelaksanaan libur Lebaran di tahun ini,” katanya.

Menurut dia, selama posko pemantauan berlangsung dinas menerjunkan 150 personel. “Sampai sekarang semua berjalan dengan lancar, meski sempat terjadi kepadatan kendaraan menuju jalur wisata,” ujarnya.

Kepala Bidang Lalu Lintas, Dinas Perhubungan Bantul Agus Jaka Sunarya mengatakan pantauan arus lalu lintas di Jalan Parangtritis berangsur-angsur menunjukkan tren penurunan. Puncak kepadatan terjadi pada H+2 Lebaran dengan jumlah kendaraan melintas mencapai 12.000 unit.
 
“Kalau sekarang sudah berangsur-angsur normal, tetapi kami tetap siaga saat terjadi kepadatan kendaraan,” kata Agus.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelajar Meninggal saat Seleksi Paskibra Sempat Alami Kejang dan Mulut Keluar Busa

News
| Sabtu, 20 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement