Advertisement

Usai Libur Lebaran, Pemerintah Bakal Buru Bentor yang Melanggar

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 23 Juni 2018 - 05:50 WIB
Bhekti Suryani
Usai Libur Lebaran, Pemerintah Bakal Buru Bentor yang Melanggar Sejumlah pengemudi becak motor (bentor) di Jogja. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Pemda DIY tetap berkomitmen untuk melakukan penertiban becak motor (Bentor) seusai libur Lebaran. Penertiban tersebut dilakukan juga untuk melaksanakan kesepakatan yang dihasilkan sebelumnya.

Kepala Dinas Perhubungan DIY Sigit Sapto Rahardjo mengatakan penertiban Bentor yang nekat beroperasi tetap dilakukan seusai libur Lebaran atau setelah H+7. Hal itu, katanya berdasarkan kesepakatan sebelumnya di mana Bentor hanya diizinkan untuk beroperasi secara leluasa sejak H-7 sampai H+7 Lebaran.

Advertisement

Setelah masa toleransi tersebut habis, maka bentor yang masih nekat melintas di jalan protokol dan kawasan tertib lalulintas (KTL) akan ditertibkan. Ruas jalan protokol dan KTL yang dilarang dimasuki bentor disesuaikan dengan ketentuan Peraturan Walikota Jogja. "Itu sudah sesuai kesepakatan sebelumnya, bentor tidak boleh beroperasi di jalan protokol dan KTL. Itu dilarang oleh kepolisian," kata Sigit, Jumat (22/6/2018).

Pemda DIY, lanjut Sigit sebenarnya menawarkan dua solusi untuk menyelesaikan masalah bentor tersebut. Yakni dengan mengalihkan profesi dan menyediakan becak listrik. "Pengemudi bentor kalau mau diberi pelatihan atau ingin bekerja di bidang lain, kami siapkan. Misalnya menjadi pengrajin, akan kami fasilitasi," ujarnya.

Sayangnya, lanjut Sigit, sampai saat ini jumlah ataupun data masing-masing pengemudi bentor masih belum masuk ke Dishub DIY. Padahal, data itu dibutuhkan untuk mempersiapkan program pengalihan profesi para pebentor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement