Advertisement

Layanan Penambahan Nilai Nonakademik PPDB 2018 Dibuka Hari Ini

Sunartono
Senin, 25 Juni 2018 - 05:10 WIB
Laila Rochmatin
Layanan Penambahan Nilai Nonakademik PPDB 2018 Dibuka Hari Ini Ilustrasi PPDB. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Layanan pengurusan penambahan nilai nonakademik dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2018 di Kantor Disdikpora DIY Jalan Cendana Kota Jogja, digelar hari ini atau Senin (25/6/2018) hingga Jumat (29/6/2018). Disdikpora DIY hanya mengakui prestasi nonakademik melalui seleksi berjenjang.

Kepala Bidang Perencanaan dan Standardisasi Pendidikan Disdikpora DIY Didik Wardaya menyatakan calon siswa dapat mengajukan bukti untuk penambahan nilai nonakademik seperti prestasi dalan ajang olimpiade mata pelajaran tertentu, kesenian hingga olahraga. Serta lomba yang diselenggarakan induk organisasi olahraga maupun Kemenpora.
 
Namun, Disdikpora menegaskan semua jenis lomba yang diakui adalah perlombaan yang bersifat berjenjang, di mana siswa resmi sebagai perwakilan daerah masing-masing.

"Tetapi lomba yang sifatnya terbuka, tidak kami akui. Terbuka itu misalnya walaupun kejuaraan internasional tetapi pesertanya tidak melalui seleksi berjenjang ya tidak kami akui. Namun yang diakui adalah lomba bersifat berjenjang, artinya lomba itu mereka datang mewakili daerah baik kabupaten maupun provinsi," katanya kepada Harian Jogja, Minggu (24/6/2018).

Meski lomba dalam bentuk kelompok dengan jumlah banyak tetap diakui dengan nilai yang sudah ditetapkan, selama jenis lomba yang diikuti bersifat berjenjang. Jenis lomba dengan jumlah peserta lebih dari 10 siswa akan berbeda penilaiannya dengan jenis lomba yang hanya melibatkan satu atau dua orang.

Didik mengatakan untuk penambahan nilai, calon siswa harus menyiapkan fotokopi sertifikat juara yang sudah dilegalisasi oleh pihak berwenang. Ia mencontohkan jika lomba diselenggarakan induk organisasi olahraga maka pihak yang berwenang melegalisasi dari bisa dari KONI atau BPO DIY.

"Kalau yang internasional yang dikirim oleh Kemendikbud bisa di kami [Disdikpora DIY]. Namun saya yakin mereka sudah melegalisasi dan besok [mulai hari ini] tinggal menyerahkan saja," kata dia.

Ia memperkirakan ada sekitar 800 calon siswa yang akan meminta rekomendasi penambahan nilai atas prestasi berjenjang yang dimiliki. Terdiri atas, 400 siswa dari tingkat nasional dan 400 siswa dari level daerah, sedangkan level internasional tidak terlalu banyak.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hakim Konstitusi Arief Hidayat Tak Terbukti Melanggar Kode Etik

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement