Advertisement

Asyik, Pemkab Gunungkidul Bakal Buka Lowongan CPPNS, Segini Jumlah Kuotanya

Jalu Rahman Dewantara
Senin, 25 Juni 2018 - 18:20 WIB
Arief Junianto
Asyik, Pemkab Gunungkidul Bakal Buka Lowongan CPPNS, Segini Jumlah Kuotanya Ilustrasi PNS - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemkab Gunungkidul berencana ajukan 837 formasi dalam lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Masyarakat diimbau jangan termakan calo dan info hoaks.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Gunungkidul Sigit Purwanto mengatakan hingga kini belum ada jumlah pasti terkait dengan formasi lowongan CPNS itu. "Jumlah pastinya akan diumumkan setelah Pilkada serentak, tapi kami sudah mengajukan segitu [873]. Semoga tahun ini bisa lebih," ucap dia seusai sesi pengambilan sumpah PNS di Bangsal Sewokoprojo, Kecamatan Wonosari, Gunungkidul, Senin (25/6/2018).

Advertisement

Kabupaten Gunungkidul menjadi salah satu daerah yang sudah empat tahun terkena kebijakan moratorium pengangkatan PNS. Kebijakan moratorium ini berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi No.B/2163/M.PAN-RB/06/2015 tentang Penundaan Penambahan Pengawai Aparatur Sipil Negara.

Imbasnya tidak ada formasi CPNS baru, sementara tiap tahunnya PNS yang pensiun di Gunungkidul sebanyak 360 pegawai. "Jika dihitung saat ini sudah seribu PNS lebih sudah pensiun," kata dia.

Terkait dengan pembukaan formasi CPNS tahun ini Sigit mengimbau masyarakat tidak termakan berita hoaks yang tersebar di internet. Dia menyarankan untuk mengkonfirmasi informasi dari internet ke dinas terkait. "Supaya dapat [informasi] yang valid jangan sampai masyarakat tertipu hingga menyebabkan kerugian materiel," ucap Sigit.

Selain itu Sigit berharap peserta seleksi CPNS juga tidak percaya kepada calo. Pasalnya tahun ini, kata dia, seleksi dilakukan dengan menggunakan menggunakan sistem computer assisted test (CAT).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement