Advertisement

Soal Embung Dadapayu, Pemkab Gunungkidul Klaim Masih Tahap Pengkajian

Jalu Rahman Dewantara
Rabu, 27 Juni 2018 - 16:20 WIB
Arief Junianto
Soal Embung Dadapayu, Pemkab Gunungkidul Klaim Masih Tahap Pengkajian Ilustrasi embung. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Rencana pembuatan embung raksasa di Desa Dadapayu, Kecamatan Semanu, Gunungkidul yang diwacanakan sejak akhir 2017 lalu terganjal Kebijakan Umum Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul, Sri Suhartanta mengaku belum terealisasinya proyek tersebut lantaran masih dalam tahap pembahasan dan pengkajian oleh Pemkab Gunungkidul. "Proyek ini intinya adalah mengoptimalkan air sungai bawah tanah di Bribin. Namun memang masih digodok terus," katanya, Rabu (27/6/2018).

Advertisement

Dalam merealisasikan proyek tersebut, menurut dia perlu pertimbangan yang matang. "Jika untuk ketersediaan air bersih dan pengentasan masalah kekeringan perlu dirembug dengan matang, supaya bisa bermanfaat tidak hanya di masyarakat sekitar tapi seluruh Gunungkidul," ucapnya.

Adapun program lain dalam pengentasan kekeringan dan ketersediaan air bersih saat ini menurutnya sudah berjalan dengan optimal. "Salah satunya dengan peningkatan pelayanan PDAM Tirta Handayani. Itu termasuk program yang sudah berjalan dengan dukungan kami," ujarnya.

Setiap tahun, lanjut Sri, Pemkab Gunungkidul menganggarkan Rp3,5 miliar guna menyasar lebih dari 1.600 sambungan rumah (SR) PDAM Tirta Handayani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anggaran Pupuk Bersubsidi Sentuh Rp54 Triliun, Mentan: Awasi Distribusinya

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement