Advertisement

Sri Sultan HB X Berharap Danais Dirasakan Masyarakat dengan Maksimal

Herlambang Jati Kusumo
Jum'at, 29 Juni 2018 - 21:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Sri Sultan HB X Berharap Danais Dirasakan Masyarakat dengan Maksimal Gubernur DIY Sri Sultan HB X (paling kiri) dalam syawalan di Bangsal Sewokoprojo, Wonosari, Kamis (28/6/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Gubernur DIY Sri Sultan HB X mendorong pemerintah desa (pemdes) hingga padukuhan untuk dapat mengakses Dana Keistimewaan (Danais) dengan maksimal sehingga mendorong ekonomi masyarakat.

Sultan mengharapkan Danais tidak hanya untuk membiayai kegiatan yang sifatnya hanya sesaat saja, namun dapat dimanfaatkan untuk pemberdayaan masyarakat.

Advertisement

“Di tempat wisata itu misal dibangun tempat jualan dengan menggunakan Danais, itu diperbolehkan. Fasilitas itu bisa digunakan tinggal cara mendesainnya jangan hanya pembiayaan kegiatan sesaat seperti tarian lalu selesai. Sehingga masyarakat tidak bisa tumbuh,” katanya, Kamis (28/6/2018).

Dia mengatakan, usulan Danais tidak langsung ke tingkat satu. Usulan itu bisa melewati dinas terkait. Semua usulan dari kabupaten meliputi usulan desa tidak menjadi masalah, asal ada verifikasi di tingkat satu nantinya.

Menurutnya, desa menjadi tumpuan untuk mengembangkan potensi dan mengembangkan masyarakat. Dengan dana yang ada ia berharap desa dapat maju. Terpenting APBD dan APBN yang ada di kelurahan dan Danais tidak dobel dalam pembiayaan.

“Pertanggungjawabannya Danais seperti apa? Ya sudah seperti dana APBN yang ada di desa. Jadi tugas desa jadi dua, pertanggungjawabannya. APBN pusat dan Danais ke Kabupaten dan Provinsi. Jangan beranggapan Danais hanya di tinggat satu, kan masyarakatnya ada di kabupaten/kota. Jadi, pemberdayaan itu letaknya di kelurahan. Semoga dengan kondisi seperti ini kita bisa mempercepat proses pertumbuhan ekonomi di Gunungkidul,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement