Advertisement

Penataan Sisi Barat Dimulai, Wisatawan Masih Bisa Jalan-Jalan

I Ketut Sawitra Mustika
Senin, 02 Juli 2018 - 11:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Penataan Sisi Barat Dimulai, Wisatawan Masih Bisa Jalan-Jalan Arus lalu lintas di Jalan Malioboro Jogja mulai padat, Sabtu (15/6/2018) sore. - Harian Jogja/I Ketut Sawitra Mustika

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Meskipun Senin (2/7/2018) penataan sisi barat Malioboro mulai kembali dilaksanakan, tetapi wisatawan dipastikan tetap akan bisa berbelanja dan berjalan-jalan untuk menikmati salah satu ikon Jogja itu.

Manajer PT. F. Syukri Balak, kontraktor penataan sisi barat Malioboro, Eri Purnomo mengatakan, wisatawan akan tetap bisa berjalan-jalan di sisi barat, sebab pengerjaan fisik untuk sementara ini akan difokuskan di bekas jalur lambat yang nantinya akan jadi rute pedestrian.

Advertisement

Para pekerja mulai Senin akan melakukan pengecoran teraso di bekas jalur lambat tersebut. Diperkirakan tahap itu akan memakan waktu selama dua bulan lebih. Sementara untuk selasar toko, kontraktor sudah menyelesaikan pengecoran teraso, sehingga wisatawan bisa berjalan-jalan di area tersebut. Pedagang kaki lima (PKL) juga tidak diliburkan.

"Nanti kami pasangi rambu-rambu. Area yang akan kami kerjakan juga diblokade. Tapi wisatawan tetap bisa lewat. Di depan toko juga bisa. Wong sudah dicor teraso. Praktis yang diblokade hanya di eks jalur lambat," jelas Eri melalui sambungan telepon, Minggu (1/7/2018).

Eri menambahkan, dari hasil pantauan, beberapa wisatawan memang tampak berjalan kaki di bekas jalur lambat selama libur Lebaran lalu. Namun, menurutnya, yang lebih banyak melalui malah pengemudi sepeda motor dan becak. Karena itu saat proyek dimulai, jalur tersebut akan dipasangi water barrier agar tidak ada lagi motor dan becak yang melintas.

Penataan sisi barat Malioboro mulai colling down pada H-14 Lebaran. Sejak H-14 sampai H-7, para pekerja fokus bersih-bersih dan menutup lubang demi kenyamanan wisatawan yang hendak berlibur pada libur Lebaran ini. Pada H-7, proyek dihentikan seluruhnya supaya PKL dan toko bisa berjualan secara leluasa. Proyek baru dimulai kembali pada Senin (2/7/2018).

Terhitung pada pertengahan Mei 2018, progres penataan sisi barat Malioboro sudah mencapai 35%. Adapun kontrak antara Pemerintah Daerah (Pemda) DIY dengan PT. F. Syukri Balak sendiri akan berakhir pada 12 Desember 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement