Advertisement

Banyak Lampu Lalu Lintas di Bantul Layak Diganti

Ujang Hasanudin
Selasa, 03 Juli 2018 - 17:10 WIB
Laila Rochmatin
Banyak Lampu Lalu Lintas di Bantul Layak Diganti Pekerja mengganti APILL di Simpang Gose Bantul, Selasa (3/7/2018). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Banyak lampu lalu lintas atau alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) di Bantul yang layak diganti karena sudah tidak memenuhi standar. Dinas Perhubungan Bantul sedang mengupayakan penggantian fasilitas tersebut.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Bantul, Agus Jaka mengatakan tidak semua APILL di Bantul menjadi kewenangannya dalam pemeliharaan. Ada APILL yang dikelola oleh provinsi, bahkan ada yang dikelola oleh Pemerintah Pusat.

Dari 19 APILL, yang dikelola Dinas Perhubungan Bantul di antaranya APILL di Simpang Sapuangin Jalan Srandakan, Simpang Jodok (barat Simpang Palbapang, Simpang Palbapang, Simpang Jetis, Simpang Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN), Simpang Bejen, Simpang Jongrangan Ringinharjo, dan Simpang PGRI Patangpuluhan.

Jaka tidak bisa menyebut berapa APILL yang sudah tidak layak dan perlu diganti. "Ada banyak seperti di Simpang Palbapang, Simpang Gose, Simpang BPN, dan Simpang Paseban," kata Jaka saat ditemui di Kantor Dinas Perhubungan Bantul, Selasa (3/7/2018).

Menurut dia, APILL yang perlu diganti tersebut usianya sudah lebih dari 20 tahun. Meski secara fisik tiang APILL terlihat masih kokoh, tetapi panel listrik dan jalur kabel jaringan listrik di bawah tanah juga perlu dicek kembali. APILL yang sudah diperbaharui tahun ini baru APILL di Simpang Klodran dan Simpang Gose.

Proses penggantian tidak hanya pada instalasi listrik tetapi juga tiang. "Kalau sekarang tiang menggunakan ukuran diameter 20, kami ganti dengan yang diameter 30 supaya lebih kokoh," ujar Jaka.

Peremajaan APILL tidak bisa dilakukan sekaligus, tetapi harus menyesuaikan anggaran. Pada tahun ini penggantian sudah dilakukan di Simpang Gose. Penggantian APILL di simpang tersebut sekaligus mengganti perangkatnya dari konvensional menjadi panel listrik.

Tahun ini dinas hanya mampu mengganti satu APILL. Rencananya dalam anggaran APBD Perubahan pada Oktober nanti akan mengusulkan penambahan anggaran peremajaan APILL sekitar Rp200 jutaan. (Ujang Hasanudin)

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perbaikan Tol Bocimi Akibat Longsor Ditargetkan Rampung Juni

News
| Selasa, 16 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement