Advertisement

Mencari Berkah, Warga Larung Tumpeng dan Pakaian‎ di Pantai Parangkusumo

Ujang Hasanudin
Selasa, 03 Juli 2018 - 19:55 WIB
Laila Rochmatin
Mencari Berkah, Warga Larung Tumpeng dan Pakaian‎ di Pantai Parangkusumo Upacara Bekti Pertiwi Pisungsung Jaladri di Pantai Parangkusumo, Selasa (3/7/2018) - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Warga Pedukuhan Mancingan, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, menggelar upacara Bekti Pertiwi Pisungsung Jaladri di Pantai Parangkusumo, Selasa (3/7/2018). Dalam upacara tersebut warga melarung sesajen seusai didoakan di pinggir pantai.

Tradisi yang sudah berlangsung secara turun temurun ini diikuti oleh ratusan warga Mancingan. Bahkan sejumlah wisatawan juga turut hadir dan mengikuti prosesi upacara tersebut.

Upacara diawali dari Pendopo Parangtritis. Warga dengan membawa gunungan tumpeng, sayuran, bunga, dan berbagai ubo rampe, berdoa bersama yang dipimpin tokoh agama setempat. Seusai berdoa gunungan di arak ke Cepuri Parangkusumo, tempat yang dipercaya sebagai istana Ratu Kidul.

Perjalanan dari pendopo Parangtritis ke Parangkusumo sekitar satu kilometer. Selain gunungan tumpeng dan sayuran, beberapa ogoh-ogoh dan berbagai kesenian tradisional juga turut mengiringi jalannya upacara tersebut. Dari Cepuri Parangkusumo, sesajen dibawa ke pantai untuk dilarung.

Wakil Ketua Panitia Upacara Bekti Pertiwi Pisungsung Jaladri, Tri Waldiana mengatakan upacara tersebut salah satu bentuk ungkapan syukur warga kepada Tuhan atas limpahan rezeki, baik rezeki dari hasil bumi maupun imbas dari banyaknya wisatawan di Parangtritis, karena adanya laut selatan.

Warga meyakini ada kekuatan gaib dari yang menguasai laut selatan, sehingga harus memberikan pisungsung atau ungkapan terima kasih kepada penguasa laut tersebut. Dari banyak pernak pernik yang dilarung, kata Waldiana, tiga yang harus ada, yakni tumpeng, pisang, kelapa muda, dan pakaian.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement