Advertisement

Minat Jadi Duta Baca 2018? BPAD DIY Buka Kesempatan Buatmu

Wisnu Wardhana
Rabu, 04 Juli 2018 - 22:13 WIB
Nina Atmasari
Minat Jadi Duta Baca 2018? BPAD DIY Buka Kesempatan Buatmu diungkapkan Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Monika Nur Lastiyani . - Harian Jogja/Wisnu Wardhana

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tingkat literasi masyarakat Indonesia saat ini sangat rendah. Bahkan berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Central Conecticut State University menunjukkan bahwa tingkat literasi masyarakat Indonesia ada diperingkat 60 dari 61 negara yang disurvey.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Monika Nur Lastiyani kepada Harianjogja.com, Rabu (4/7/2018). Menurut Monika rendahnya literasi ini membutuhkan upaya untuk peningkatan minat baca pemberdayaan kegemaran membaca melalui berbagai kegiatan. “Salah satunya dengan kampanye gerakan nasional pembudayaan gemar membaca,” kata Monika.

Advertisement

Untuk itu, kata Monika, dibutuhkan orang yang mampu menjadi figure atau role model dalam kebiasaan membaca sehingga diharapkan mampu menginspirasi masyarakat dalam pemberdayaan gemar membaca. “Untuk itu, BPAD akan menyelenggarakan Pemilihan Duta Baca 2018,” katanya.

Pemenang Duta Baca 2018, kata Monika, akan mendapatkan uang pembinaan lebih dari Rp4 juta. Pemenang juga akan ikut dalam kegiatan-kegiatan dalam skala nasional. Monika berharap pemenang Duta Baca DIY 2018 adalah orang yang terbaik dan memiliki jaringan yang luas. Nantinya pemenang akan di-launching oleh Gubernur DIY pada bulan Agustus mendatang. Pendaftaran Duta Baca 2018 ini dimulai sejak 3-13 Juli 2018. Sedangkan seleksi dilakukan pada 16-20 juli 2018. Pemenang sudah akan diketahui pada bulan Agustus.

Syarat pendaftaran antara lain adalah public figure atau role model kegemaran membaca dengan usia 18-40 tahun, memiliki kebiasaan membaca buku, memiliki kartu anggota perpustakaan, tokoh di lingkungan komunitas, memiliki kredibilitas, kapabilitas dan prestasi yang diakui masyarakat serta memiliki waktu untuk menjadi duta baca. Untuk syarat lengkap bisa dilihat di web bpad.jogjaprov.go.id atau lewat WA di nomor 081227393333.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement