Advertisement

Ini Bukti Pilurdes di Bantul Mulai Ramai

David Kurniawan
Rabu, 04 Juli 2018 - 09:10 WIB
Laila Rochmatin
Ini Bukti Pilurdes di Bantul Mulai Ramai Spanduk ajakan menjadi pemilih cerdas terpampang di ruas Jalan Piyungan-Pleret tepatnya di Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Selasa (3/7/2018). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL -- Pendaftaran bakal calon lurah desa peserta pemilihan lurah desa (Pilurdes) serentak 2018 baru dibuka medio Juli mendatang. Namun, geliat pesta demokrasi di tingkat desa sudah mulai terlihat.

Salah satunya terlihat di Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan. Tidak hanya terlihat pamflet pengumuman tahapan pilurdes yang dipasang panitia pemilihan, tetapi bakal calon yang mulai memperkanalkan diri ke masyarakat.

Di dekat kantor balai desa juga terdapat spanduk tentang imbauan untuk menjadi pemilih yang cerdas dan ajakan menolak praktik politik uang.

Salah seorang warga di Desa Sitimulyo, Sunaryo mengakui di desanya geliat pilurdes sudah mulai terlihat. Hal ini dibuktikan dengan adanya foto pengenalan diri bacaleg yang dipasang di pinggir jalan. “Memang belum terang-terangan mencalonkan, tetapi arahnya akan ke sana [pilurdes],” katanya kepada Harian Jogja, Selasa (3/7/2018).

Menurut dia, geliat pilurdes makin terlihat dengan adanya spanduk ajakan menjadi pemilih cerdas dan tolak politik uang. Selain itu, ada juga ajakan untuk melakukan gerakan perubahan yang lebih baik. “Harapan saya semua berjalan dengan baik dan pelaksanaan berjalan aman dan lancar,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan Bhabinkamtibmas Desa Sitimulyo, Brigadir One Novutardi. Menurut dia, geliat pilurdes sudah mulai terlihat dengan adanya spanduk dan foto-foto pengenalan diri yang terpasang di pinggir jalan.

Meski demikian, One menegaskan geliat tersebut masih kondusif sehingga ketertiban dan keamanan lingkungan masih terjaga. “Masih aman, kami tetap siaga agar tahapan pilurdes berjalan dengan aman dan lancar,” katanya.

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Desa, Sekretariat Daerah Bantul Jazim Azis mengatakan di tahun ini ada 30 desa yang melaksanakan pilurdes. Rencananya pemilihan dilaksanakan pada 14 Oktober mendatang.

Proses tahapan pilurdes sudah dimulai sejak awal Juni dengan tahapan sosialisasi hingga pemutakhiran data pemilih. Untuk pendaftaran bakal calon lurah desa dilaksanakan di pertengahan Juli. Di setiap desa, bakal calon minimal ada dua orang sedang jumlah paling banyak lima orang. “Jika pendaftar lebih dari lima orang akan dilakukan seleksi. Sedang kalau kurang dari dua orang harus ada perpanjangan masa pendaftaran,” katanya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement