Advertisement

Jelang Penutupan, Seleksi Calon Anggota KPU Masih Sepi Peminat

Irwan A Syambudi
Rabu, 11 Juli 2018 - 13:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Jelang Penutupan, Seleksi Calon Anggota KPU Masih Sepi Peminat Komisi Pemilihan Umum - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Masa pendaftaran calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) tingkat kabupaten/kota di DIY periode 2018-2023 akan berakhir Kamis (12/7/2018). Namun hingga Selasa (10/7/2018) jumlah pendaftar untuk calon anggota KPU Sleman baru tujuh orang dari ketentuan minimal 40 orang.

Ketua Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota se-DIY, Abdur Rozaki, mengatakan sejak dibuka Rabu (4/7/2018), jumlah pendaftar di seluruh kabupaten/kota di DIY masih sangat minim. Rata-rata baru sekitar enam sampai tujuh orang yang mendaftar. "Ini masih sangat minim tapi kami berharap dalam tiga hari terakhir, pendaftar yang menyerahkan berkas semakin banyak atau minimal memenuhi kuota 40 pendaftar," kata dia, Selasa.

Advertisement

Dengan minimnya pendaftar ini panitia seleksi gencar melakukan sosialisasi ke seluruh kabupaten atau kota. Selain melalui media massa, panitia juga melakukan sosialisasi langsung ke daerah. Di Sleman sosialisasi dilakukan Selasa pagi di Grha Sarina Vidi, Kecamatan Mlati dengan mengundang puluhan orang.

Diharapkan sosialisasi ini efektif dan semakin banyak orang yang mendaftar. Pasalnya jika sampai penutupan pendaftaran kuota pendaftaran 40 orang tidak terpenuhi, panitia seleksi akan memperpanjang masa pendaftaran hingga kuota terpenuhi.

Panitia seleksi, menurut Abdur Rozaki, optimistis pada hari terakhir menjelang penutupan akan semakin banyak yang mendaftar. Kebiasaan ini sering terjadi yakni banyak di antaranya yang mengumpulkan berkas pendaftaran di detik-detik terakhir. "Muka-muka [komisioner KPU aktif] belum ada yang menyerahkan berkas pendaftaran. Biasanya mereka mendaftar di akhir masa pendaftaran," ujarnya.

Sejauh ini komposisi pendaftar yang sudah masuk banyak yang berasal dari aktivis sosial, sedangkan dari akademisi dan juga praktisi masih minim. Panitia seleksi berharap kepada masyarakat luas untuk segera mendaftarkan diri menjadi komisioner KPU, karena keberlangsungan demokrasi salah satunya dengan adanya komisioner. "Tanpa ada komisioner, keberlangsungan demokrasi menjadi ancaman," katanya.

Sebagai informasi pendaftaran calon anggota KPU dilakukan di Sekretariat Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota se-DIY yang berada di Jalan Taman Siswa No.160, Kota Jogja. Pendaftaran paling lambat Kamis sore pukul 16.00 WIB.

Setelah pendaftaran ditutup, jika kuota 40 pendaftar terpenuhi akan langsung dilakukan penelitian administrasi. Mereka yang lolos administrasi berhak untuk mengikuti ujian tertulis pada Selasa (24/7) dengan sistem gugur. Selanjutnya tes psikologi digelar Kamis (26/7) hingga Rabu (1/8), dilanjutkan tes kesehatan mulai 8-14 Agustus dan wawancara pada 15-23 Agustus. Untuk Kabupaten Sleman, Bantul dan Kulonprogo akan diambil lima komisioner, sedangkan untuk Gunungkidul dan Kota Jogja masing-masing tiga komisioner.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement