Artis Annisa Trihapsari Akan Nyaleg di Dapil DIY, Bagaimana dengan Raffi Ahmad?

Raffi Ahmad dan Ayu Tingting. - Ist/Instagram @ayutingting92
13 Juli 2018 11:17 WIB I Ketut Sawitra Mustika Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Kabar mengenai pencalonan artis dan presenter Raffy Ahmad sebagai anggota DPR RI lewat dapil DIY masih belum bisa dipastikan. Artis yang justru kemungkinan besar akan nyaleg dari dapil DIY adalah Annisa Trihapsari. Keduanya akan nyaleg lewat Partai Amanat Nasional (PAN). PAN sengaja merekrut artis untuk meraup suara, utamanya dari pemilih zaman now.

"Saya baru dengar rumor [tentang Raffi nyaleg di dapil DIY]. Saya juga tanya darimana anda mendengar? Saya belum mendapat konfirmasi dari DPP. Kan DPP yang mencalonkan, bukan saya," kata Ketua DPW PAN DIY Nazaruddin saat dikonfirmasi, Kamis (12/7/2018).

Nazzarudin mengatakan, Raffi Ahmad memang sudah pasti akan nyaleg lewat PAN. Tapi, ia berkilah, untuk penempatan dapil suami Nagita Slavina itu belum diputuskan.

Artis yang kemungkinan besar nyaleg di dapil DIY, kata Nazzarudin, justru adalah Annisa Trihapsari. Ia mengaku sudah mendapatkan bocoran dari DPP PAN bahwa istri aktor Sultan Djorghi itu akan ditempatkan di dapil DIY.

Merekrut caleg dari kalangan artis, ujarnya, merupakan strategi DPP PAN untuk meraup suara pemilih, terutama mereka yang menjadi bagian dari generasi zaman now. Taktik ini dinilai akan manjur karena generasi tersebut menentukan pilihan 'berdasarkan pengetahuan kekinian'.

"Yang jelas kami di provinsi ini menyambut baik lah kalau ada figur populer mau nyaleg di DIY, itu kan bisa berkontribusi di suara PAN di DIY. Saya kira baiklah itu. Itu kan kebijakan DPP," kata Nazzarudin.

Dalam merekrut artis, PAN, imbuh Nazzarudin selalu mempertimbangkan berbagai aspek seperti kapabilitas dan tingkat kepopuleran. "Selama ini artis yang direkrut PAN kan tidak sekedar numpang nama di partai, tapi mereka intens dan kemudian jadi kader aktif seperti Eko Patrio dan Desy Ratnasari."

Nazzarudin menambahkan, penempatan artis di dapil DIY tidak akan banyak berdampak bagi perolehan suara Hanafi Rais, anggota DPR RI sekaligus anak Amien Rais. Sebab, lumbung suara caleg-caleg dari kalangan artis adalah pemilih non ideologis, yang tidak punya ikatan ideologi dengan partai maupun calon dari partai.