Kader JKN Diimbau Optimalkan Kunjungan ke Peserta

Ilustrasi BPJS Kesehatan. - Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat
14 Juli 2018 09:37 WIB Kusnul Isti Qomah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Kader Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (Kader JKN-KIS) diimbau untuk mengoptimalkan kunjungan ke Peserta JKN-KIS khususnya bagi peserta yang menunggak. Hal tersebut dilakukan agar Peserta JKN-KIS semakin teredukasi tentang program JKN-KIS terutama mengenai hak dan kewajiban serta alur pelayanan kesehatan.

Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta Musdaliza Sjukur mengatakan, peran kader JKN-KIS sangat penting terutama untuk meningkatkan cakupan kepesertaan dan kolektabilitas iuran. Kader JKN-KIS menjangkau masyarakat sampai ke elemen terkecil yakni RT/RW sehingga mempermudah akses masyarakat tentang program JKN-KIS ini.

“Dengan mengoptimalkan kunjungan ke rumah peserta atau ke rumah warga, maka masyarakat akan semakin paham dan tahu tentang program JKN-KIS. Bagaimana manfaatnya, hak dan kewajiban serta alur pelayanan kesehatannya," katanya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (13/7/2018).

Kader JKN-KIS adalah orang-orang yang menjadi mitra BPJS Kesehatan untuk menjalankan sejumlah fungsi BPJS Kesehatan, antara lain fungsi pemasaran dan fungsi pengumpul iuran. Keberadaan Kader JKN-KIS pun diharapkan mampu mendorong masyarakat mendaftar menjadi peserta dan membayar iuran secara tepat waktu.

Liza menjelaskan, saat ini cakupan kepesertaan dan kolektabilitas iuran BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta meningkat. Cakupan kepesertaan per Mei 2018 mencapai 88,28 persen dengan kolektabilitas iuran 92 persen. Peningkatan ini salah satu sumbernya adalah peran Kader JKN-KIS yang rutin berkunjung ke peserta dan mengingatkan peserta untuk tertib membayar iuran.

“Jumlah kader kami ada sembilan orang yang tersebar di Bantul dan Jogja," ungkapnya.

Di semester kedua mendatang, lanjut Liza, Kader JKN-KIS dihimbau juga untuk menemukan inovasi-inovasi guna peningkatan kolektabilitas iuran. Misalnya, Kader JKN-KIS dapat mengumpulkan peserta binaan yang menunggak ke dalam suatu pertemuan sehingga dapat teredukasi secara optimal. Kegiatan dapat dilakukan bekerja sama dengan perangkat desa setempat.
Selain melalui Kader JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta juga telah melakukan perluasan channel pendaftaran.

Yakni, Pendaftaran melalui mekanisme dropbox di Kantor Cabang dan di Kecamatan, pendaftaran melalui Point Of Service (POS) Lippo, Pendaftaran melalui Care Center 1500400, pendaftaran melalui website, melalui Mobile Customer Service dan lainnya. Prosedurnya pun cukup mudah dan pelayanannya sudah tertata dengan baik. Sedangkan untuk kanal pembayaran sudah tersebar di seluruh wilayah, misalnya melalui Bank, ATM, ataupun PPOB.

“Masyarakat bisa mendaftar dan membayar iuran melalui Kader JKN-KIS ini juga," jelas Liza.