Advertisement

Rangsang Budaya Membaca di Desa, BPAD DIY Gelar Bedah Buku

Fahmi Ahmad Burhan
Senin, 16 Juli 2018 - 14:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Rangsang Budaya Membaca di Desa, BPAD DIY Gelar Bedah Buku Suasana acara bedah buku Membangun Industri Rumah Tangga Menuju Keluarga Sejahtera di Balai Desa Argomulyo, Kecamatan Cangkringan, Senin (16/7 - 2018).Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY mengadakan bedah buku dengan judul Membangun Industri Rumah Tangga Menuju Keluarga Sejahtera di Balai Desa Argomulyo, Kecamatan Cangkringan, Senin (16/7/2018). Bedah buku tersebut bertujuan meninngkatkan minat baca warga khususnya di Desa Argomulyo.

Kepala BPAD DIY, Monika Nur Lastiyani, mengatakan saat ini jajarannya gencar melakukan gerakan literasi berbasis inklusi sosial. "Gerakan literasi itu sudah menjadi gerakan nasional. Gerakan itu mengajak kita untuk membaca, tapi tidak hanya membaca, tapi yang ditekankan adalah membaca yang bisa memberikan ilmu pada semua masyarakat," kata Monika, Senin.

Advertisement

Monika mengatakan dalam gerakan literasi itu juga penting untuk diterapkan dalam keluarga. "kami senang yang hadir di sini sebagian besar itu ibu-ibu. Gerakan literasi akan berhasil saat yang bergerak ibu-ibu, karena mereka yang seharusnya pertama mengenalkan buku ke anak-anaknya," katanya. Ia juga berharap kebiasaan membacakan cerita untuk anak-anak tidak hilang.

Terkait dengan tema buku yang dibedah, Monika mengatakan industri rumah tangga harus mempunyai kesiapan menghadapi peluang. Menurutnya, jangan sampai ketika ada order untuk industri rumah tangga terus masyarakat tidak siap menghadapinya.

Monika mengatakan media dalam membaca kini bisa juga melalui smartphone dengan e-book. "Kami sudah menyediakan di perpustakaan e-book yang bisa dipakai, ada juga e-book dari perpustakaan Sleman," katanya.

Anggota Komisi D DPRD DIY, Sambudi, mengatakan Dewan sangat mendukung acara bedah buku di tiap desa. "Melalui acara ini diharapkan masyarakat menjadi rajin membaca tetapi yang positif. Selain itu membaca buku juga bisa membangun sifat mental yang positif," ujarnya.

Ia menekankan pada warga agar mengambil nilai-nilai yang bisa meningkatkan industri rumah tangga warga Desa Argomulyo. "Dengan adanya bedah buku ini, diharap warga bisa tahu dan mengambil peluang bisnisnya agar bisa mengembangkan industri rumah tangga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement