Advertisement

Pintu Air Sermo Ditutup, Saluran Irigasi Kalibawang Siap Dibuka

Beny Prasetya
Senin, 16 Juli 2018 - 13:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Pintu Air Sermo Ditutup, Saluran Irigasi Kalibawang Siap Dibuka Pengendara sepeda motor melintas di dekat saluran irigasi pertanian yang kering di Desa Sentolo, Kecamatan Sentolo, belum lama ini. Saluran irigasi di wilayah Sentolo menjadi salah satu saluran irigasi yang terdampak perbaikan Saluran Induk Kalibawang. Harian Jogja/Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Menyusul selesainya masa tanam kedua, pintu air Waduk Sermo bakal segera ditutup. Untuk mengantisipasi terjadinya kekeringan, Saluran Irigasi Induk Kalibawang bakal dibuka. Pembukaan saluran sangat penting agar sejumlah sumur milik masyarakat yang berada di sekitar sekolan tidak kering.

Kepala Monitoring Waduk Sermo Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO), Novika Prabowo Andriyanto, menyatakan rencana penutupan pintu air Waduk Sermo dilaksanakan ketika petani di Kulonprogo sudah mulai panen. "Jadi ketika masa tanam selesai, pintu air Kamal ditutup. Di masa tanam ketiga petani lebih banyak yang menanam palawija," katanya, Minggu (15/7/2018).

Advertisement

Menurut Novika, saat ini debit air di Waduk Sermo telah menurun hingga 125 meter di atas permukaan laut (Mdpl). Dalam kondisi tersebut Waduk Sermo dalam kondisi siaga kekeringan. "Semoga prediksi awal tentang akhir musim kemarau tetap aman sesuai prediksi," katanya.

Kepala Bidang Pengairan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kulonprogo, Hadipriyanto, menjelaskan penutupan pintu air Waduk Sermo telah direncanakan. Begitu juga dengan perbaikan Saluran Irigasi Induk Kalibawang diperkirakan akan selesai tepat waktu di akhir Juli 2018. "Jadi bergantian, nanti air dari Saluran Irigasi Induk Kalibawang mengalir, dari Kamal ditutup," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement