Advertisement

Ternyata, Ini Alasan Parpol di Sleman Daftarkan Bacaleg di Hari Terakhir

Fahmi Ahmad Burhan
Selasa, 17 Juli 2018 - 18:37 WIB
Nina Atmasari
Ternyata, Ini Alasan Parpol di Sleman Daftarkan Bacaleg di Hari Terakhir Perwakilan dari Partai Nasdem mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman pada Senin (17/7/2018). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Beberapa parpol berdatangan di hari terakhir pendaftaran pada Selasa (17/7/2018). Apabila data bacaleg belum lengkap, maka bisa diperbaiki sampai Minggu (22/7/2018).

Ketua Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat KPU Sleman Indah Sri Wulandari mengatakan di hari terakhir pendaftaran atau pada Selasa (17/7/2018) banyak parpol mendaftarkan bacalegnya. "Sudah ada di awal itu PKB, lalu disusul PKS dan partai lainnya,," katanya pada Harianjogja.com, Selasa (17/7/2018).

Advertisement

Indah mengatakan dari beberapa parpol yang mendaftar hari ini, ada parpol yang belum lengkap berkasnya. "Formulir terkait surat pengajuan calon dari PKPI tidak ada, maka harus dilengkapi hari ini juga sampai pukul 24.00 WIB," ungkapnya.

Sementara itu, pada hari sebelumnya, sudah ada dua parpol yang mendaftar yaitu Partai Nasdem dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Ketua KPU Sleman Ahmad Shidqi mengatakan beberapa parpol memilih untuk mendaftar di hari akhir karena ada beberapa kelengkapan persyaratan yang belum terpenuhi.

"Beberapa parpol terkendala soal Sistem Indormasi Pendaftaran Calon [Silon] yang belum lengkap, selain itu ada beberapa parpol yang di pertengahan jalan terjadi pergantian posisi bacaleg," ujarnya.

Menurut Shidqi, yang paling penting saat pendaftaran bacaleg adalah formulir model B, B1, B2, dan B3. Model formulir B yaitu terkait pendaftaran calon, B1 terkait daftar nama calon, B2 terkait surat pernyataan yang menyatakan proses rekrutmen berlangsung secara demokratis yang ditandatangani oleh ketua dan sekretaris parpol.

Terakhir B3 yaitu menandatangani fakta integritas tidak menyertakan narapidana bandar narkoba, kasus kejahatan seksual terhadap anak, dan kasus korupsi.

"Berkas seperti ijazah, SKCK, kalau belum, bisa dilengkapi sampai tanggal 22," ujar Shidqi. Ia mengatakan di hari terakhir pendaftaran, KPU Sleman akan menunggu parpol yang akan mendaftar sampai pukul 24.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement