Advertisement

Pejabat di Jogja Dibikin Gerah, Wartawan Gadungan Minta Transfer lalu Mencaci Maki

Abdul Hamied Razak
Rabu, 18 Juli 2018 - 19:37 WIB
Nina Atmasari
Pejabat di Jogja Dibikin Gerah, Wartawan Gadungan Minta Transfer lalu Mencaci Maki Ilustrasi smartphone - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Sejumlah pejabat di lingkungan Pemkot selama seharian, Rabu (18/7/2018), dibuat gerah. Pasalnya, mereka menerima SMS dan telepon dari seseorang yang mengaku wartawan Radar Jogja Pers Heru Pratomo.

Tidak hanya mengaku-ngaku, penipu tersebut juga meminta pejabat di Dinas Penanaman Modal dan Perizinan (DPMP) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jogja untuk segera mentransfer uang. Dalam SMS-nya, Heru meminta dikirimi uang untuk bantuan biaya berobat melalui nomor 085231595071.

Sekretaris DPMP Jogja Christy Dewayani misalnya mengaku mendapat SMS yang berbunyi, "Pak kshn oprasi tumor ota di rs karyadi smrg.lewatkan no rek Mas Ary sndri Pak biar tau kluarganya.BCA.0901391903.a/n. Ary Siswanto.tks byk sblmnya Pak smg byk rjkinya.amin.slm dr teman2 Pers".

Menurut Christy, hampir semua pejabat di DPMP mendapatkan SMS serupa. Pelaku penipuan bahkan sempat menelepon, tapi karena sudah tahu merupakan penipuan telepon tersebut tidak direspon. "Tapi belum direspon penipu itu kembali mengirimkan SMS, yang isinya bernada caci maki dan tidak sopan. Nulis PKI dan budeg," katanya, Rabu (18/7).

Terpisah Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi meminta agar jajarannya tidak langsung percaya dengan adanya SMS maupun telepon yang meminta-minta uang. Apalagi, lanjut dia, antara pejabat dengan wartawan sudah relatif saling mengenal.

“Kalau ada yang minta-minta seperti itu bisa dikonfirmasi ke Diskominfosan [Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian] atau ke wartawan yang bersangkutan,” katanya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Jogjapolitan | 43 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement