Advertisement

Jenazah TKI Bantul Akan Tiba Hari Ini di Jogja

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 21 Juli 2018 - 05:50 WIB
Bhekti Suryani
Jenazah TKI Bantul Akan Tiba Hari Ini di Jogja Sumarsih menunjukkan foto anaknya Wiwit Sutrisnoputra yang meninggal karena kecelakaan di Korea Selatan.- Harian Jogja - Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Nasib naHas menimpa Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Wiwit Sutrisno Putro,25. Warga Jalakan, Triharjo, Bantul tersebut tewas seusai mengalami kecelakaan kerja di Simpyong, Busan, Korea Selatan.

Kecelakaan kerja yang dialami Wiwit terjadi pada Rabu (18/7/2018) malam waktu setempat. Saat itu, Wiwit yang bekerja di sebuah perusahaan pengolahan besi masuk kerja seperti biasa. Entah kenapa, Wiwit dikabarkan tercebur ke dalam rendaman kolam pendingin besi panas.

Advertisement

Sri Purwanti Kepala Seksi Perlindungan TKI Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) DIY mengamini kasus kecelakan kerja yang menimpa Wiwit. Hanya saja, sampai saat ini BP3TKI DIY belum mendapatkan pemberitahuan resmi dari KBRI tetapi pihak KBRI sudah berkomunikasi dengan keluarga korban.

"Info yang kami terima rencana 21 malam besok jenazah tiba di Jogja. Saat ini masih dalam proses pemulangan ke Tanah Air," katanya kepada Harianjogja.com, Jumat (20/7/2018).

Dia mengatakan, Wiwit berangkat menjadi TKI sejak 2016 melalui program G to G atau Government to Government yang ditangani Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). "Almarhum tercover Konsorsium Asuransi TKI karena berangkat tahun 2016 sedangkan program BPJS Ketenagakerjaan baru tahun 2017," jelasnya.

Hingga 30 Juni 2018 data BP3TKI DIY mencatat sebanyak 407 orang TKI yang berangkat dari DIY. Sri berharap, para TKI yang sedang bekerja di negara penempatan dimana saja agar berhati-hati dalam menjalankan tugasnya. "Harus menjaga kesehatan jangan terlalu memforsir diri terutama yang bekerja di negara dengan kondisi musim yang berbeda dengan Indonesia," pintanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TWC Targetkan Wisatawan Candi Borobudur & Prambanan Naik 37% Saat Libur Lebaran

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement