Advertisement

Jadi Bacaleg, Sejumlah Perangkat Desa di Sleman Mengundurkan Diri

Irwan A Syambudi
Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:17 WIB
Nina Atmasari
Jadi Bacaleg, Sejumlah Perangkat Desa di Sleman Mengundurkan Diri Ilustrasi. - Solopos/Agoes Rudianto

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman melakukan verifikasi terhadap ratusan bakal calon legislatif (bacaleg) yang telah mendaftar. Dari sejumlah nama masih ada yang berstatus sebagai perangkat desa.

Komisioner KPU Sleman Divisi Teknik Penyelenggara, Haryanta mengatakan untuk bacaleg yang didaftarkan dipastikan tidak ada mantan napi narkoba, korupsi serta kasus pelecehan seksual anak. Selain itu juga tidak ada yang masih tercatat sebagai PNS maupun TNI/Polri aktif.

Advertisement

"Sejauh ini nama yang mendaftar berstatus sebagai perangkat desa, seperti BPD. Namun mereka sudah mengajukan surat pengunduran diri. Dan juga ikut dilampirkan dalam berkas administasi pendaftaran. Jadi, yang mendapatkan gaji dari pemerintah, baik pusat maupun daerah harus menyertakan surat pengunduran diri," kata dia, Jumat (20/7).

Nama-nama bacaleg tersebut menurut Haryanta akan diumumkan kepada masyarakat. Di sana masyarakat dapat ikut memberikan masukan. Apakah bacaleg tersebut memang sudah tidak tercatat sebagai PNS maupun TNI/Polri aktif.

Sementara itu Ketua KPU Sleman mengatakan tahap verifikasi terhadap berkas cari bacaleg bacaleg telah selesai dilakukan. Sedikitnya terdapat 598 nama dari total 16 partai politik yang mendaftarkan bacalegnya di Sleman.

Sementara itu untuk 30 % kuota perempuan dipastikan sudah terpenuhi. "Semua Parpol sudah memenuhi aturan tersebut [kuota 30% untuk bacaleg perempuan]," ujarnya.

Dari data yang masuk total ada 262 bacaleg perempuan atau 44 % dari keseluruhan pendaftar yang  akan merebutkan 50 kursi anggota DPRD Sleman. Mereka masing berasal dari 16 partai politik peserta pemilu 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement