Advertisement

Duh, Tak Ada Berkas Bacaleg yang Lengkap di Sleman

Irwan A Syambudi
Sabtu, 21 Juli 2018 - 19:37 WIB
Nina Atmasari
Duh, Tak Ada Berkas Bacaleg yang Lengkap di Sleman Perwakilan dari Partai Nasdem mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman pada Senin (17/7/2018). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman menyerahkan hasil verifikasi berkas Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) kepada masing-masing partai politik (Parpol). Dari hasil verifikasi diketahui hampir seluruh bacaleg harus melakukan perbaikan karena persyaratan belum lengkap.

Komisioner KPU Sleman Divisi Teknik Penyelenggara, Haryanta mengatakan berkas pendaftaran bacaleg yang telah diteliti semuanya memerlukan perbaikan.

Advertisement

Dia mencontohkan misalnya ada yang tidak mengumpulkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan surat keterangan sehat asli, dan ada juga yang mengumpulkan ijazah yang tidak dilegalisir. “Ini merata hampir semua, bahkan boleh dibilang yang benar-benar komplit dan betul belum ada,” kata dia, Sabtu, (21/7/2018).

Di sisi lain, dari hasil verifikasi pihaknya tidak menemukan mantan narapidana korupsi, narkoba, ataupun pelecahan seksual yang mendaftar sebagai bacaleg.

Namun pihaknya menemukan sejumlah perangkat desa dan badan permusyarawatan desa (BPD) yang mendaftar, padahal mereka tidak boleh mendaftar sebelum mengundurkan diri. Pasalnya mereka termasuk orang yang mendapatkan gaji dari pemerintah.

“Kalau perangkat desa dan DPD [mendaftar bacaleg] jumlahnya tidak sampai puluhan. Nanti akan kami minta melakukan perbaikan, jika ingin mendaftar bacaleg harus menyertakan surat pengunduran diri,” katanya.

Untuk itu pihaknya pun menyerahkan hasil verifikasi tersebut kepada masing-masing parpol yang telah mendaftarkan bacalegnya untuk melakukan perbaikan. Pihaknya memberikan waktu perbaikan dari mulai Minggu (22/7/2018) hingga Selasa (31/7/2018).

Sebelumnya diketahui hingga batas akhir pendaftaran, KPU Sleman menerima 598 pendaftar. Mereka berasal dari 16 parpol peserta Pemilu 2019. Dari jumlah yang mendaftar tersebut total ada 262 bacaleg perempuan atau 44 % dari total pendafar. Para bacaleg ini akan merebutkan 50 kursi anggota DPRD Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 12 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rudal Israel Dilaporkan Hantam Iran, Irak dan Suriah

News
| Jum'at, 19 April 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement