Advertisement

Hasil Verifikasi Diserahkan, Beberapa Parpol di Gunungkidul Masih Ada Catatan

Herlambang Jati Kusumo
Minggu, 22 Juli 2018 - 07:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Hasil Verifikasi Diserahkan, Beberapa Parpol di Gunungkidul Masih Ada Catatan Komisi Pemilihan Umum - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul telah menyerahkan hasil verifikasi bakal calon legislatif (bacaleg), kepada partai politik (parpol).

Hasil verifikasi kelengkapan dokumen persyaratan dari bacaleg tersebut diharapkan segera dilakukan perbaikan sebelum batas akhir pada Selasa (31/7/2018).

Advertisement

Ketua KPU Gunungkidul Moh Zaenuri Ikhsan mengatakan, beberapa parpol masih ada catatan dan persyaratan calon masih ada yang kurang.

"Seperti yang ASN atau perangkat surat mengundurkan diri atau pensiun perlu juga, atau yang pindah parpol kami pastikan," kata Zaenuri, Sabtu (21/7/2018).

Terkait temuan adanya bacaleg yang merupakan mantan narapidana kasus korupsi, Zaenuri mengatakan telah dikomunikasikan dengan parpol termasuk juga temuan dua orang yang terdaftar di partai lebih dari satu.

"Untuk yang kasus mantan narapidana korupsi memang harus diganti, jika tidak ya bisa dicoret. Merugikan Parpol sendiri bacalegnya berkurang. Untuk Bacaleg yang terdaftar di beberapa Parpol juga sudah diklarifikasi," katanya.

Ia mengatakan, proses penyerahan perbaikan data bacaleg sendiri akan mulai diterima pada Minggu (22/7/2018) hingga Selasa (31/7/2018). Jumlah bacaleg sendiri ada 503 dari 15 parpol yang mengikuti Pemilu 2019 di Gunungkidul. Zaenuri juga mengimbau untuk pengumpulan data Bacaleg tidak pada batas akhir.

Sementara itu Ketua Panitia Pengawas Pemilu Antok mengharapkan parpol yang masih ada catatan untuk perbaikan segera memperbaiki. Terkait adanya temuan kesalahan pada berkas parpol, ia berharap pada KPU Gunungkidul mematuhi aturan yang ada.

"Terkait dengan temuan lainnya, mohon KPU Gunungkidul mematuhi aturan yang ada utamanya PKPU No20/2018 dalam melakukan tindakan dalam pendaftaran dan penelitian administrasi bacaleg," kata Antok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement