Advertisement

Tertib Bayar Pajak, 161 WP di Sleman Raih Penghargaan

Fahmi Ahmad Burhan
Selasa, 24 Juli 2018 - 22:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Tertib Bayar Pajak, 161 WP di Sleman Raih Penghargaan Ilustrasi pajak - Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak 161 wajib pajak (WP) menerima penghargaan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) dari Pemkab Sleman. Tahun ini jumlah WP yang mendapat penghargaan meningkat, dari 96 WP pada 2017 menjadi 161 WP di 2018.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Sleman, Hardo Kiswoyo, mengatakan tahun ini jajarannya memberikan penghargaan kepada 161 WP yang membayar PBB tepat waktu dan tidak jatuh tempo. Jumlah penerima penghargaan bagi pembayar PBB P2 yang tepat waktu lebih banyak dibanding tahun lalu. Pada 2017 penghargaan hanya diberikan kepada 96 WP. "Artinya ada peningkatan sebanyak 65 wajib pajak di tahun ini," ujarnya, Selasa (24/7/2018).

Advertisement

Tahun ini BKAD menargetkan pendapatan dari PBB P2 sebanyak Rp72 miliar. Jumlah target yang sudah ditetapkan tersebut meningkat dibanding tahun lalu yang berjumlah Rp70 miliar. Untuk realisasi pendapatan dari PBB P2 tahun lalu yaitu sebanyak Rp70,9 miliar. Di tahun ini sampai Selasa penerimaan PBB sudah mencapai Rp35,5 miliar.

Hardo mengatakan jajarannya berupaya menggenjot target penerimaan PBB P2 dengan intensifikasi pemungutan. "Intensifikasi dilakukan untuk mengoptimalkan realisasi penerimaan PBB P2 sebelum jatuh tempo. Pemungutan PBB P2 tersebut di antaranya ditujukan kepada wajib pajak pengusaha atau badan usaha, PNS atau aparatur sipil negara [ASN], masyarakat di perdusunan, perdesaan dan perkotaan," ujar Hardo.

Bupati Sleman, Sri Purnomo, berharap budaya membayar pajak secara tepat waktu dapat diteruskan di tahun-tahun berikutnya. "Sleman memiliki potensi PBB P2 yang semakin meningkat dari waktu ke waktu. Potensi pajak ini dari masyarakat. Maka nanti akhirnya juga akan dikembalikan kepada masyarakat," kata Bupati. Sri Purnomo juga mengimbau agar seluruh pihak yang mendapat penghargaan mengajak wajib pajak yang lain untuk segera membayar pajaknya sebelum jatuh tempo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TWC Targetkan Wisatawan Candi Borobudur & Prambanan Naik 37% Saat Libur Lebaran

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement