Advertisement

Endah Wasitaningrum, Jadi Sinden sebagai Panggilan Jiwa

Uli Febriarni
Senin, 30 Juli 2018 - 08:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Endah Wasitaningrum, Jadi Sinden sebagai Panggilan Jiwa Endah Wasitaningrum - Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Penikmat budaya dan seni tradisi Jawa tentu tak lagi asing dengan seorang sinden. Suara yang merdu memberikan harmoni dalam sebuah pagelaran karawitan. Namun menjadi seorang pesinden bukan pekerjaan yang mudah. Selain wajib memiliki suara yang merdu, menjadi sinden merupakan panggilan jiwa seseorang.

Endah Wasitaningrum misalnya, ia mengaku bahwa keputusannya menjadi seorang pesinden adalah panggilan jiwanya. Dengan status sebagai seorang pesinden, sejumlah kota sudah ia sambangi. Sebut saja Banyumas, Purworejo, Pacitan, Semarang, Wonosobo, Ambarawa, Magelang dan beberapa kota lain di Pulau Jawa. Baginya, dengan menjadi seorang pesinden telah memberikan kesempatan baginya untuk menyalurkan hobi, belajar dan memperbanyak ilmu. "Senang rasanya bisa menambah pengalaman," katanya saat ditemui Harian Jogja, Sabtu (28/7/2018).

Advertisement

Anak pertama dari dua bersaudara ini menilai Kulonprogo merupakan wilayah yang indah, nyaman, dan maju. Endah juga kagum dengan cara warga Kulonprogo dalam hal pelestarian seni budaya. Selain itu, pengembangan objek wisata di Kulonprogo juga mengalami kemajuan. Memiliki pemandangan bagus, asri, sangat menarik. "Pastinya bangga menjadi orang Kulonprogo. Meski demikian kebudayaan di Kulonprogo harus tetap dirawat dan dilestarikan, salah satunya dengan memperbanyak event," katanya.

Endah yang tercatat sebagai warga Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman, mengaku pernah mengunjungi sejumlah objek wisata seperti Pantai Glagah, Kalibiru, Sungai Mudal dan Gua Kiskendo. Ia ingin suatu saat dapat kesempatan mengeksplorasi lebih jauh destinasi wisata di Bumi Menoreh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement