Advertisement

Pemkab Sleman Fokus Pembebasan Lahan untuk TPAS Prambanan

Fahmi Ahmad Burhan
Rabu, 01 Agustus 2018 - 21:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Pemkab Sleman Fokus Pembebasan Lahan untuk TPAS Prambanan Sejumlah pekerja menaikkan sampah ke truk di Depo Sampah Transferstation, Dusun Tambakboyo, Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, Senin (25/6 - 2018).Harian Jogja/Irwan A.Syambudi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemkab Sleman berencana membangun Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) di Desa Madurejo, Kecamatan Prambanan. Tahun ini Pemkab akan memfokuskan pembangunan pada proses pembebasan lahan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sleman, Kunto Riyadi, mengatakan program pembangunan TPAS Sleman tahun akan difokuskan pada pembebasan lahan. "Untuk pembebasan lahan kami masih dalam tahap proses, kami coba melakukan pendekatan ke warga," katanya kepada Harian Jogja, Rabu (1/8/2018).

Advertisement

Ia mengatakan setelah selesai membebaskan lahan, Pemkab Sleman akan membuat detail engineering design (DED). Setelah itu pengurusan izin dan tahap pembangunan. "Jadi prosesnya masih panjang, tahun ini ditargetkan pembebasan lahan selesai," kata Kunto. Pembangunan TPAS tersebut bertempat di Desa Madurejo. TPAS Prambanan dibangun untuk memproses sampah-sampah residu atau sampah yang sudah benar-benar tidak dapat dimanfaatkan lagi.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman, Junaidi, mengatakan volume sampah di Sleman meningkat seiring dengan bertambahnya pendatang yang bermukim di wilayah ini. Penggunaan TPAS Prambanan direncanakan hanya untuk residu-residu yang tidak bisa diolah masyarakat. "Saat ini masih dalam tahap pendekatan dengan warga, pendekatan juga dilakukan oleh pemerintah kecamatan dan desa," kata Junaidi saat ditemui Harian Jogja, Rabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BMKG: Sebagian Besar Wilayah Indonesia Dilanda Hujan Hari Ini

News
| Rabu, 24 April 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement