Advertisement

Segera Naik Tipe, Polda DIY Bersiap Jalani Penilaian

Irwan A Syambudi
Minggu, 05 Agustus 2018 - 21:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Segera Naik Tipe, Polda DIY Bersiap Jalani Penilaian Mapolda DIY.Harian Jogja/Irwan A.Syambudi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Setelah Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian memberikan usulan kenaikan Polda DIY dari tipe B menjadi tipe A, kini Polda DIY terus melakukan persiapan untuk menghadapi penilaian untuk kenaikan tipe.

Kapolda DIY, Brigjen Pol. Ahmad Dofiri, mengatakan beberapa pekan terakhir persiapan terus dilakukan. Sejumlah kriteria yang akan dinilai meliputi kondisi geografis, sosial budaya, serta pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat (harkamtibmas). "Semuanya dinilai dan mudah-mudahan dari kriteria penilaian itu yang telah kami upayakan bersama memenuhi kriteria untuk naik tipe," kata Kapolda saat ditemui di Mapolda DIY, Sabtu (4/8/2018).

Advertisement

Menurut Kapolda saat ini jajarannya masih melakukan persiapan dan menunggu penilaian dari tim penilai. Tim yang akan terlibat dalam penilaian itu nantinya berasal dari Mabes Polri dan juga Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Saat ditanya mengenai tahapan dan juga hasil penilaian, pihaknya mengaku belum mengetahui secara pasti. "Belum tahu akan diumumkan kapan [hasil penilaian], nanti tunggu dari sana [tim penilai]" kata Kapolda.

Dengan kenaikan tipe, maka akan terjadi sejumlah perubahan termasuk dari segi struktur pimpinan organisasi atau kapolda, dari yang sebelumnya berpangkat Brigadir Jenderal Polisi menjadi Inspektur Jenderal Polisi. Saat ini dari 34 polda yang ada, sebanyak 22 di antaranya bertipe A, sedangkan satu polda bertipe A+ yakni Polda Metro Jaya.

Sebelumnya Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, mengatakan dengan adanya rencana kenaikan Polda DIY menjadi tipe A, pihaknya juga akan melakukan kajian lebih lanjut. "Mungkin nanti staf saya yang akan presentasi lebih dulu," ujar dia. Gubernur juga berpesan agar Polda DIY dapat mempertahankan prestasi yang sudah diraih. "Prestasi dan sudah ada perlu pertahanan dan ditingkatkan karena masyarakat memang butuh kepastian," kata Sri Sultan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Ingin Membangun Koalisi Kuat

News
| Rabu, 24 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement