Advertisement

Kekeringan Meluas, Potensi Kebakaran Lahan di Kulonprogo Tinggi

Beny Prasetya
Minggu, 05 Agustus 2018 - 10:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Kekeringan Meluas, Potensi Kebakaran Lahan di Kulonprogo Tinggi Kebakaran lahan di Dusun Tlogoplelo, Hargomulyo, Kokap Kulonprogo Kamis (2/8/2018). - Ist/Polsek Kokap

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo mencermati sejumlah area lahan mengalami potensi tinggi kebakaran akibat kekeringan.

Menurut BPBD Kulonprogo, area lahan atau hutan seperti di Perbukitan Menoreh rawan terbakar karena banyak ranting yang meranggas. Wilayah lain yang memiliki kondisi alam serupa saat kekeringan juga berpotensi terjadi kebakaran.

Advertisement

Kepala Pelaksana BPBD Kulonprogo Ariadi menyatakan, sejumlah wilayah di Kulonprogo bisa saja mengalami peristiwa kebakaran saat ini. Melihat tingkat kekeringan yang tinggi dan kian meluas di kemarau tahun ini, Ariadi memperkirakan kerawanan kebakaran hutan turut meninggi.

"Potensi kebakaran saat ini tinggi karena kemarau sudah datang tiga bulan," katanya, Sabtu (4/8/2018)

Menurutnya, wilayah yang jelas mengalami kekeringan dan sekaligus rawan kebakaran ialah kawasan hutan dan kawasan pegunungan. Pasalnya di musim kemarau ini, banyak pohon yang telah meranggas.

"Daun dan ranting yang telah kering bisa mudah tersulut api jadi hati-hati," katanya.

Kamis lalu, kebakaran lahan di area pegunungan yakni Tlogolelo, Hargomulyo, Kulonprogo menjadi bukti adanya potensi kebakaran di Bumi Menoreh. Wilayah tersebut juga menjadi wilayah yang telah terdampak kekeringan sejak dua bulan terakhir.

"Jadi yang meminta proposal dropping air berada di delapan kecamatan, jadi kekeringan ada di area itu. Kami berharap untuk masyarakat terus berhati-hati saat membuang puntung rokok," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement