Dusun di Bantul Ini Wajibkan Pendatang Ikut Pertemuan Warga

Bibit Rustamto, Anggota DPRD Bantul, Mantan Lurah Bangunjiwo saat memotong tumpeng dalam peresmian Poskamling Dusun Ciklan, Pedukuhan Ngentak, Desa Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. - Ist/ dok warga
07 Agustus 2018 05:17 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Ketua RT 02, Dusun Ciklan, Pedukuhan Ngentak, Desa Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, mewajibkan warganya untuk ikut pertemuan yang digelar sebulan dua kali.

Kebijakan tersebut untuk menjaga silaturahmi sesama warga, mengingat warga dusun setempat hampir 50 persennya adalah pendatang.

"Di Dusun kami ada 80 kepala keluarga, 50 persennya adalah pendtang, mau tidak mau perlu melakukan pertemuan rutin supaya saling mengenal satu sama lain," kata Ketua RT 02 Dusun Cikalan, Sarino, Senin (6/8/2018).

Sarino mengatakan selain mewajibkan pertemuan, semua warga juga diwajibkan untuk ikut dalam kegiatan ronda secara bergilir. Bahkan pihaknya tidak menerima uang pengganti untuk yang berhalangan ronda sebagaimana diterapkan di wilayah lain.

Saat ini RT 02 sudah memiliki pos ronda yang dibangun secara swadaya, dua hari lalu. Menurut dia, ajang pertemuan sesama warga menjadi penting agar satu sama lain saling mengetahui. Dengan demikian, dapat menangkap paham-paham radikal sebagaimana terjadi di beberapa daerah lain.