Advertisement

PKL Malioboro Digugat Pemilik Toko, Ini Solusi yang Ditawarkan Pemda DIY

I Ketut Sawitra Mustika
Rabu, 08 Agustus 2018 - 19:20 WIB
Arief Junianto
PKL Malioboro Digugat Pemilik Toko, Ini Solusi yang Ditawarkan Pemda DIY Suasana di sekitar kawasan pertokoan Malioboro, Sabtu (7/7 - 2018). Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemda DIY berupaya mencari solusi terkait dengan tuntutan Paguyuban Pengusaha Malioboro (PPM) yang menginginkan area depan toko mereka harus bebas pedagang kaki lima. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menempatkan PKL di sentra-sentra PKL yang ada di kawasan Malioboro.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan polemik keberadaan PKL di depan toko sebaiknya diselesaikan melalui jalur dialog. Ia menolak berkomentar lebih jauh, karena penataan PKL merupakan kewenangan Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja. "Itu kan urusan [pemerintah] kota, bukan saya," kata dia di kompleks Kepatihan, Rabu (8/8/2018).

Advertisement

Sementara Sekda DIY Gatot Saptadi mengatakan Pemda DIY terus berkoordinasi secara intensif dengan Pemkot Jogja untuk mencari solusi terbaik, yang bisa menguntungkan PKL maupun pemilik toko.

Pemda DIY, kata dia, belum bisa menentukan kebijakan sama sekali, karena belum ada solusi. Selain itu, bagi pemerintah masalah itu juga dilematis. Pasalnya jika PKL dipindah, tempat relokasinya belum tersedia, namun kalau tak dipindah nantinya akan berdampak pada toko. "Cari dulu solusi yang terbaik dengan penyelesaian alternatif. Salah satunya [eks] Bioskop Indra [Sentra PKL], Pasar Sore, kalau parkir di Beskalan. Nanti dioptimalkan dengan sarana yang ada," kata Gatot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Sebut Pengemudi Fortuner Ugal-ugalan Buang Pelat Nomor TNI di Lembang

News
| Kamis, 18 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement