33 Bacaleg di Gunungkidul Tak Layak Nyaleg, Akhirnya Gugur

Ilustrasi DPRD
08 Agustus 2018 10:50 WIB Herlambang Jati Kusumo Gunungkidul Share :
Ad Tokopedia

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL— Puluhan nama Bakal Calon legislatif (Bacaleg) yang mendaftar Pemilu 2019 di Gunungkidul dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) hasil dari verifikasi syarat calon DPRD.

“Total dari 15 partai yang mengikuti Pemilu ada 492 Bacaleg, dan setelah kami lakukan verifikasi data kami bongkar lihat betul-betul ada 33 Bacaleg yang TMS atau gugur. Sehingga total saat ini ada 459,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Gunungkidul, Moh.Zaenuri Ikhsan, Selasa (7/8/2018).

Ia mengatakan faktor TMS Bacaleg tersebut sehingga harus dicoret bermacam-macam. Mulai dari yang kurang Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), kurang ijazah, KTP belum elektronik, ada partai yang tidak memperbaiki dan berbagai kekurangan lainnya.

Zaenuri mengatakan belum bisa memberikan lebih detail nama-nama Bacaleg yang TMS karena baru akan diinfokan ke partai pada Rabu (8/8/2018). Jika nantinya ada partai yang belum menerima hasil verifikasi tersebut, masih diberikan ruang untuk memprotes lewat Panitia pengawas pemilu (Panwaslu).

“Kami akan sampaikan ke Parpol hasil ini jika partai tidak menerima ada ruang memprotes lewat Panwaslu. Pada dasarnya kami juga sudah mengerjakan sesuai prosedur, jika memang tidak memenuhi syarat ya kami tidak bisa meloloskan,” ujarnya.

Pada tahapan setelah ini Zaenuri mengatakan pada Rabu (8/8/2018)-Jumat (10/8/2018) akan menyiapkan atau proses validasi draft Daftar Calon Sementara (DCS) agar dicermati oleh partai apa ada nama atau foto keliru.

Nantinya DCS tersebut juga akan diumumkan baik melalui media atau desa agar masyarakat dapat mencermati dan memberi masukan. Ia mengatakan untuk saat ini memang belum ada masukan-masukan dari masyarakat terkait nama Bacaleg.

Ad Tokopedia