Tak Biasa, Job Fair di UGM Kali Ini Turut Atasi Problem SDM

Rombongan dari ECC UGM saat berkunjung ke Kantor Harian Jogja, Rabu (18/7/2018). - Harian Jogja - Bhekti Suryani
10 Agustus 2018 07:50 WIB Bhekti Suryani Sleman Share :
Ad Tokopedia

Harianjogja.com, SLEMAN- Engineering Career Center (ECC) UGM kembali menggelar job fair akbar bertajuk 24th Career Days (CD) ECC UGM : Upgrade Dirimu, Cerah Kariermu.

Event ini akan digelar setelah periode wisuda mahasiswa, tepatnya pada 1-2 September 2018 di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM.

"Secara khusus, gelaran mengangkat tema besar A Shifting to Overcome Human Capital Turmoils, dengan harapan bisa memberikan perubahan yang berarti untuk mengatasi permasalahan sumber daya manusia (SDM) Indonesia," kata Panitia 24th CD ECC UGM Puspa Aqirul Mala melalui rilis, Kamis (9/8/2018).

ECC UGM menargetkan setidaknya akan ada 70+ perusahaan dari berbagai bidang industri berskala nasional hingga multinasional yang akan menjadi partisipan, dan 30.000 orang jobseeker, fresh graduate, maupun yang telah berpengalaman akan mengunjungi gelaran ini.

Berbeda dengan CD sebelumnya, kali ini ECC UGM menggunakan sistem paperless, di mana peserta nonmember yang belum sempat melakukan registrasi akan mendaftar secara online di ruang pendaftaran yang telah disediakan panitia 24th CD ECC UGM.

Bukan sekadar job fair biasa, ECC UGM menyediakan berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung secara gratis, seperti Counseling Booth yang bisa dimanfaatkan jobseeker untuk melakukan konseling dengan professional counselor ECC, serta pengunjung dapat melepas penat sejenak dengan memainkan beragam games seru di Careernews Booth.

"Selain itu, juga ada sesi presentasi perusahaan partisipan CD yang bisa diikuti pengunjung. Dalam sesi ini, perusahaan akan berkenalan langsung dengan pengunjung, memaparkan informasi dan tanya jawab terkait profil, dan kesempatan bergabung ke perusahaannya," kata dia.

Hadir ke-24 kalinya, ECC UGM juga berinovasi dengan menghadirkan fasilitas unggulan berupa Talent Hunt. Sebuah program yang membuat proses rekrutmen menjadi efektif, dan efisien, mempertemukan perusahaan dan jobseeker dengan match. Syaratnya jobseeker cukup dengan update CV dan mengisi assessment online.

Untuk memanjakan lidah, dan mengisi energi kembali setelah berkeliling ke booth perusahaan, terdapat pula food court yang diisi setidaknya 10 kedai penjaja makanan lezat untuk seluruh pengunjung 24th CD ECC UGM.

Diharapkan, acara yang bersifat gratis dan terbuka untuk umum ini bisa membantu para jobseeker dalam mengembangkan diri, dan menentukan jalan kariernya. Serta membantu perusahaan partisipan dalam menjaring bibit-bibit terbaik bangsa secara efektif.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan membuka microsite 24th Career Days ECC UGM di http://bit.ly/24thcdeccugm dan media sosial Instagram, LINE, Facebook, Twitter: ECC UGM. (*)

Ad Tokopedia