Ini Dia Event Keren Peringatan HUT RI di Gunungkidul

Panorama dari atas bukit Gunung Api Purba Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul. - IG @Jperangin
12 Agustus 2018 14:20 WIB Herlambang Jati Kusumo Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Usung tema semarak merah putih Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul menggelar berbagai macam kegiatan yang diharapkan semakin mengangkat potensi wisata.

Sekretaris Dinpar Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan semarak merah putih merupakan bagian dari momentum hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Melalui semangat kemerdekaan itu, dia berharap bisa turut menggairahkan potensi geosite yang dimiliki Gunungkidul.

“Dengan berbagai kegiatan memeriahkan hari kemerdekaan diharapkan semakin membangun citra pariwisata di Gunungkidul. Wisatawan semakin tertarik berkunjung ke Gunungkidul,” kata Hary, Minggu (12/8/2018).

Berbagai event yang akan diselenggarakan dalam menyambut kemerdekaan ini di antaranya adalah Festival Sriten dan Gunungkidul Paragliding Open pada Jumat (10/8/2018) hingga Minggu (12/8/2018) di Balai Desa Pilangrejo dan Embung Sriten. "Selain itu ada juga senam massal dan gowes bersama di Alun-Alun Wonosari, Minggu [12/8/2018]," ujar Hary.

Tak hanya itu, bendera merah putih raksasa juga bakal dikibarkan di kompleks geosite Nglanggeran pada Senin (13/8/2018). Lalu Explore 45 Gunung Gentong, Gedangsari Jumat (17/8/2018); Nglanggeran Mountain Bike pada Minggu (19/8/2018); serta Handayani Expedition Trail, trabas wisata di kawasan Sri Gethuk, Bleberan, Playen, Minggu (26/8/2018).

Sejumlah event tersebut digelar di kawasan wisata Gunungkidul yang berada di utara. Sehingga harapannya kedepan wisatawan yang datang ke Gunungkidul tidak hanya berkunjung ke kawasan selatan atau pantai. Saat ini dia menilai dominasi wisatawan yang datang masih di kawasan pantai.