Advertisement

Wow Ada Merah Putih Raksasa di Tebing Purba Nglanggeran

Herlambang Jati Kusumo
Senin, 13 Agustus 2018 - 14:20 WIB
Arief Junianto
Wow Ada Merah Putih Raksasa di Tebing Purba Nglanggeran Pengibaran bendera raksasa di Objek Wisata Nglanggeran, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Senin (13/8). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Bendera merah putih raksasa dikibarkan di objek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Senin (13/8/2018). Pengibaran tersebut dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Indonesia.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul Hary Sukmono mengatakan selain menyambut HUT ke-73 RI, kegiatan itu dilakukan juga dalam rangka mengekspresikan serta menunjukan rasa kebangsaan. “Pada intinya untuk menumbuhkan rasa kebangsaan dan nasionalisme di tengah masyarakat. Selain juga rangkaian semarak merah putih ini untuk menggairahkan pariwisata di Gunungkidul,” kata Hary, Senin.

Advertisement

Bendera raksasa di Tebing Nglanggeran./Harian Jogja-Herlambang Jati Kusumo

Dia menjelaskan bendera raksasa yang dikibarkan berukuran 28 x 42 meter dengan berat mencapai dua kuintal. Tak hanya itu ada pula bendera lain yang dikibarkan di saat yang sama, yakni bendera dengan ukuran 6 x 9 meter; 18 buah bendera berukuran 2 x 3 meter; dan 1.000 bendera berukuran 0,4 x 0,6 meter.

Koordinator kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Nglanggeran Aris Budiyono mengatakan pengibaran bendera raksasa diatas bukit memerlukan waktu kurang lebih 45 menit. “Total ada 15 orang yang ikut mengibarkan bendera. Mereka harus mampu menempuh medan berupa tebing curam kemiringan hampir 90 derajat,” kata Aris.

Bendera merah putih raksasa di Tebing Nglanggeran./Harian Jogja-Herlambang Jati Kusumo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PPP Disebut Pengamat Segera Gabung Prabowo

News
| Selasa, 16 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement