Advertisement

Sultan Jogja Bicara soal Pramuka ala Generasi Milenial

Ujang Hasanudin
Selasa, 14 Agustus 2018 - 18:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Sultan Jogja Bicara soal Pramuka ala Generasi Milenial Gubernur DIY Sri Sultan HB X, saat memasuki lapangan apel besar Hari Pramuka ke-57 di Stadion Sultan Agung Bantul, Selasa (14/8/2018). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta pramuka harus menjadi jembatan generasi milenial yang kuat dan cerdas. Demikian disampaikan Sultan dalam apel besar Peringatan Hari Pramuka ke-57 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Selasa (14/8/2018).

Jembatan generasi milenial kuat yang dimaksud. "Kuat dalam membela tegaknya ideologi Pancasila, konsisten dan loyal terhadap jiwa Undang-undang Dasar 1945, membela utuh menyatunya NKRI dan kokoh rekatnya semangat Bhineka Tunggal Ika," kata Sultan dalam amanatnya di hadapan ribuan kader pramuka dari berbagai kontingen se-DIY.

Advertisement

Selain kuat, kata Sultan, juga harus cerdas aktualisasinya ke dalam jiwa kepramukaan sebagai gerakan kemasyarakatan yang berakar pada kebudayaan sendiri dan berbasis generasi muda. Meski anggota pramuka terdiri atas berbagai etnis, agama, ras, budaya, dan tradisi namun disatukan dalam motto bersama, yakni Satyaku Kudarmakan, Dharmaku Kubaktikan.

Karena itu Sultan meminta pramuka harus berada di garda terdepan dalam menjaga dan merawat, serta mewujudkan empat pilar berbangsa dan bernegara dari ancaman disintegrasi.

"Sebagai jembatan generasi milenial yang akan mengambil alih kepemimpinan saat Indonesia emas nanti, maka pramuka DIY harus mampu berperan sebagai inisiator dan kreator serta integrtor dari kegiatan-kegiatan yang bersifat membangun kebangsaan dan keindonesiaan di kalangan generasi milenial," kata Sultan.

Lebih lanjut Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini berharap pramuka DIY menjadi benteng ketahanan budaya dalam membendung penetrasi perusakan budaya terhadap generasi muda dengan cara pelemahan berbagai aspek kehidupan berbangsa secara masif, tanpa disadari ancamannya.

Sementara itu, Bupati Bantul Suharsono mengatakan apel besar pramuka yang digelar di Bantul menjadi momentum untuk meningkatkan peran dan aktifitas gerakan pramuka dlam membangun genersi muda yang memiliki kepribadian, karakter, dan jati diri bangsa yang kokoh. "Gerakan pramuka harus menjadi wadah membangun karakter kaum muda melalui berbagai kegiatan," kata Suharsono.

Dalam apel besar pramuka ini juga sekaligus pemberian penghargaan kepada sejumlah tokoh yang dianggap berjasa dalam memajukan kepramukaan. Ada 22 orang yang mendapat penghargaan, tiga di antaranya penghargaan Lencana Melati, yakni Suwrsih Madya, Edy Heri Suasana, dan Riyanto.

Kemudian 14 tokoh mendapat penghargaan Lencna Darma Bakti, di antaranya Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, Bupati Bantul Suharsono, Bupati Gunungkidul Badingah, dan Suryoaji R.Mantoro. Sementara tiga orang mendapat penghargaan Lencana Pancawarsa, dan satu orang Lencana Karya Bakti.

Anggota Dewan Kehormatan Kwartir Daerh (Kwarda) DIY, Lukas Sumanasa mengatakan penghargan yang diberikan oleh Kwartir Nasional itu merupakan salah satu bentuk apresiasi atas jasa dan kontribusi para tokoh maupun anggota pramuka dalam memajukan kegiatan kepramukaan di daerah maupun cabang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement