Advertisement

Ratusan Warga Cokrodiningratan Gelar Pawai Ramaikan HUT Kemerdekaan RI

Laurensia Dewi (M117)
Sabtu, 18 Agustus 2018 - 02:08 WIB
Nugroho Nurcahyo
Ratusan Warga Cokrodiningratan Gelar Pawai Ramaikan HUT Kemerdekaan RI Suasana kemeriahan Karnaval HUT Kemerdekaan RI oleh warga Kelurahan Cokrodiningratan, Jetis, Jogja, Jumat (17/8/2018). - Laurensia Dewi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sekitar 800 warga Kelurahan Cokrodiningratan, Jetis, Kota Jogja, memadati sepanjang Jalan AM Sangaji memeriahkan Karnaval Kemerdekaan untuk memperingati HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia, Jumat (17/08/2018) sore.

Karnaval diikuti oleh empat RW dari Kelurahan Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis. “Jumlah peserta dari karnaval ini kurang lebih sekitar 200 orang per RW-nya. Jadi total kira-kira ada 800 orang yang ikut memeriahkan karnaval ini," jelas Dila, sekretaris Karnaval Kemerdekaan Cokrodiningrat, Jumat.

Advertisement

Pada 2018, Karnaval Kemerdekaan yang merupakan acara tahunan ini mengusung tema Kebudayaan. Setiap RT di Kelurahan Cokrodiningratan yang ikut memeriahkan karnaval kemerdekaan ini dibebaskan panitia untuk menampilkan kebudayaan apa yang ingin diangkat, selama masih masuk ke dalam tema acara.

Karnaval Kemerdekaan dimulai pukul 15.00 WIB dengan masing-masing RW berkumpul di Cokrokusuman, lalu berjalan menuju arah Tugu Jogja dan berakhir di wilayah RW 10 Kelurahan Cokrodiningratan. Tidak hanya remaja dan dewasa, karnaval ini turut dimeriahkan anak-anak bahkan warga lanjut usia sekalipun. Tampak pula di barisan karnaval, sosok ibu yang menggendong anak bayinya di bawah terik matahari.

Adapun kebudayaan yang ingin diangkat warga Kelurahan Cokrodiningratan adalah Kebudayaan Jawa, dengan menampilkan beberapa ikon dari budaya Jawa seperti pakaian kebaya, gamelan, dan beberapa tokoh wayang.

Beberapa penampilan yang ada di Karnaval Kemerdekaan ini antara lain pertunjukan musik gamelan, tari-tarian, dan ogoh-ogoh dengan atribut kebudayaan Jawa yang kental. Selain dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI, warga Kelurahan Cokrodiningratan juga ingin menumbuhkan rasa kebersamaan dengan warga lain bahkan berinteraksi langsung dengan masyakat Jogja yang ikut menyaksikan Karnaval Kemerdekaan ini.

Suasana kemeriahan Karnaval HUT Kemerdekaan RI oleh warga Kelurahan Cokrodiningratan, Jetis, Jogja, Jumat (17/8/2018)./Laurensia Dewi

Warga lanjut usia Kelurahan Cokrodiningratan turut memeriahkan acara Karnaval HUT Kemerdekaan RI di Jl AM Sangaji, Jetis, Jogja, Jumat (17/8/2018). (Foto: Laurensia Dewi )

Suasana kemeriahan Karnaval Kemerdekaan oleh warga Kelurahan Cokrodiningratan  pada 17 Agustus 2018

Acara karnaval ini berlangsung meriah dan setiap RT berusaha untuk menampilkan kebudayaan yang berbeda baik dari tema, pakaian, dekorasi dan lain sebagainya.

Salah satunya seperti yang ditampilkan oleh RT 48 dari RW 10 yang menggunakan slogan “Berbudaya” dan merepresentasikan acara Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Demi turut mengikuti semangat dan energi Asian Games, warga RT 48 menggunakan atribut dengan membawa papan dan berpakaian layaknya seorang atlet seperti atlet sepatu roda, atlet renang, atlet lari, dan lain-lain.

Selain itu, ada juga warga Kelurahan Cokrodiningratan yang mengangkat tema permasalahan sosial yang terjadi di Kota Jogja seperti kejadian klithih dan maraknya peredaran narkoba. Harapannya karnaval ini bisa menjadi momentum dan pengingat agar ke depannya di Jogja tidak ada lagi kejadian serupa yang dirasa merugikan dan meresahkan masyarakat.

Alhasil, banyak masyarakat Jogja yang melintas di Jalan AM Sangaji melambatkan dan menghentikan kendaraannya untuk menyaksikan acara karnaval yang berlangsung. Warga yang melintas pun terlihat antusias mengambil gambar. Ada juga yang mengunggahnya ke media sosial. Kelurahan Cokrodiningratan memang dikenal sebagai salah satu kelurahan yang aktif mengadakan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat dan menjadi salah satu kampung wisata di Kota Jogja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Amerika Serikat Bungkam Soal Rencana Balasan Israel ke Iran

News
| Selasa, 16 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement