Advertisement

Tepi Jalan Malioboro Akan Ditanami Pohon Gayam dan Asem, Ternyata Ada Maknanya

Irwan A Syambudi
Sabtu, 25 Agustus 2018 - 05:17 WIB
Nina Atmasari
 Tepi Jalan Malioboro Akan Ditanami Pohon Gayam dan Asem, Ternyata Ada Maknanya Pelancong menikmati suasana kawasan pedestrian Malioboro, Yogyakarta yang lengang seperti terlihat pada Senin (29/05/2017). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Penataan kawasan pedestrian di Malioboro masih terus dilakukan. Selain ada bangku untuk istirahat, sejumlah pohon yang memiliki nilai filosofis juga ditanam di kawasan tersebut.

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Pelestarian Warisan Budaya (DP2WB) DIY, Yuwono Sri Suwito mengatakan, tanaman yang akan menghiasi pedestrian Malioboro adalah jenis asem dan gayam.

Advertisement

Asem dari bahasa Jawa berarti semsem, yang mempunyai arti tertarik. Sementara untuk gayam berarti ayom atau bisa dimaknai dengan teduh.

Lanjutnya pemilihan jenis tanaman ini untuk melestarikan budaya Jawa, khususnya di DIY.

"Jelas budaya Jawa khususnya Jogja. Jadi kalau tanaman itu tidak hanya dilihat dari sisi fungsi, teknis. Tapi yang terpenting itu dari sisi filosofis. Jadi kalau dari sisi fungsi dan teknis memenuhi syarat tapi dari sisi filosofis tidak ya tidak ditanam di situ," ujarnya, Jumat (24/8/2018).

Pria yang juga anggota Tim Ahli Cagar Budaya DIY ini mencontohkan, dahulu di depan Hotel Mutiara dan depan salah satu pusat perbelanjaan yang ada di Malioboro pernah ditanami jenis sawo kecik yang artinya sarwo becik atau serba baik. Namun menurutnya itu kurang tepat lantaran sawo kecik lebih tepat ditanam di halaman.

Sementara itu, Kepala Seksi Penataan Bangunan dan Kawasan Pemukiman Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan ESDM Energi Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM) DIJ (DIJ) Arif Azazie Zain menambahkan, proses penanaman ini sudah dilakukan dan secara bertahap. "Yang sebelah selatan itu sudah," katanya.

Tanaman Asem dan Gayam saat ini juga telah dipersiapkannya. Didapatkannya dari beberapa supplier dari berbagai daerah, seperti Ngawi, Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement