Advertisement

80 Peserta Siap Ramaikan Festival Dayung di Laguna Depok

Ujang Hasanudin
Sabtu, 25 Agustus 2018 - 11:17 WIB
Nina Atmasari
80 Peserta Siap Ramaikan Festival Dayung di Laguna Depok Nelayan Mina Bahari Depok 45 menepikan perahu seusai menangkap ikan di tengah Pantai Depok, Minggu (1/4/2018). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Dinas Pariwisata Bantul akan menggelar Festival Dayung Bupati Cup 2018 di Laguna Depok, Parangtritis, Kretek, Bantul pada 2 September mendatang. Festival dayung ini akan diikuti 80 peserta dari kabupaten/ kota se-DIY.

Festival dayung bekerjasama dengan Pengurus Cabang Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) DIY ini akan mempertandingan perorangan dan kelompok. Ada katagori lokal Bantul yang mempertandingan altet dayung se-Bantul, ada katagori mempertandingan masing-masing perwakilan kabupaten dan kota.

Advertisement

Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mengatakan festival dayung merupakan kegiatan olahraga yang dipadukan dengan wisata dan budaya. Ia mengatakan Bupati Bantul Suharsono sangat memperhatikan semua atlet-atlet semua cabang olahraga di Bantul, termasuk atlet dayung.

Perhatian Suharsono tersebut diwujudkan dalam bentuk festival dayung, "Dengan kegiatan ini diharapkan ada bibit-bibit dayung baru serta memberikan penghargaan kepada atlet dayung bantul," kata Kwintarto seusai beraudiensi dengan Bupati Bantul Suharsono di kantor Bupati Bantul, Jumat (24/8/2018).

Selain itu adanya festival dayung tersebut juga sekaligus mempromosikan Laguna Depok sebagai destinasi pariwisata di Bantul. Laguna Depok masuk dalam rencana pengembangan wisata air di Bantul yang penataannya sudah mulai dilakukan tahun ini.

Panitia Festival Dayung, Eko Sutarno mengatakan selama pelaksanaan lomba dayung, juga ada parade tari dan perahu hias, bazar, serta kontes foto instagram. Untuk teknis lomba dayung, pihaknya masih berkoordinasi dengan Podsi. Kegiatan lomba dayung tersebut juga sekaligus merupakan puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Bantul ke-187.

Selain lomba dayung, selama September ini ada banyak kegiatan lainnya yang diprediksi bakal menyedot banyak wisatawan, di antaranya adalah festival 1000 lampion pada 15 September mendatang. Spesifikasi lampion yang akan diterangkan berukuran 40x70 sentimeter dengan jarak terbang sekitar 80-100 meter.

Kemudian Festival Parangtritis pada akhir September. Festival ini akan diselenggarakan oleh masyarakat di kawasan Parangkusumo dan Parangtritis dengan menyuguhkn pertunjukan seni dan budaya, dan berbagai kesenian tradisional.

"Kegiatan ini sebagai bentuk promosi potensi wisata sekaligus memberikan hiburan kepada wisatawan yang berkunjung ke Parangtritis," ujar Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement