Advertisement

Mahasiswa UII Ciptakan Alat Penurun Glikemik Pada Nasi

Nina Atmasari
Selasa, 28 Agustus 2018 - 07:10 WIB
Nina Atmasari
Mahasiswa UII Ciptakan Alat Penurun Glikemik Pada Nasi Mahasiswa UII yang menciptakan alat penurun glikemik pada nasi. - Ist/ dok UII

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Sejumlah mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) menciptakan alat penurun glikemik pada nasi. Alat yang diberi nama roger merupakan kepanjangan dari Reducer of Glycemic Index in Rice ini bisa menjadi solusi bagi bisnis makanan sehat salah satu nasi yang dinilai memiliki kadar gula tinggi.

Tim Roger terdiri dari mahasiswa UII dari berbagai disiplin ilmu, antara lain Nurul Hidayah (Fakultas Kedokteran), David Arohman (Fakultas Teknologi Industri), Istnaini ‘Ainur Rohmah (Fakultas Psikologi dan Sosial Budaya), Desi Nasriyanti (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) dan Damas Reza Pramuditya (Fakultas Teknologi Industri).

Advertisement

Nurul Hidayah menjelaskan, glukosa merupakan sumber bahan bakar utama dalam tubuh. Peningkatan gula dalam darah merupakan kondisi yang paling dihindari karena akan berdampak buruk bagi tubuhnya dan menimbulkan penyakit yang disebut dengan Diabetes Mellitus (DM).

Pada tahun 2010, terdapat 285 juta orang mengalami DM dan akan meningkat menjadi 439 juta pada tahun 2030. Kunci utama pengobatan DM adalah mencegah progresifitas penyakit. "Salah satu upayanya yaitu modifikasi gaya hidup pada penderita DM dengan pengaturan jumlah glukosa yang masuk ke dalam tubuh," terangnya, dalam rilis, Senin (27/8/2018).

Desi Nasriyanti menambahkan sumber karbohidrat seperti nasi putih disinyalir sebagai salah satu penyumbang kadar glukosa yang tinggi dalam setiap komposisi makanan. Pelaksanaan kegiatan ini dirancang dengan menggunakan filosofi Kaizen yang meliputi tahap plan-do-check-action dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindakan.

Mekanisme alat ROGER dengan memadukan sistematika kerja penanak nasi dan peniris minyak, memanfaatkan sistem pemanas dan termostat yang dapat menanak nasi serta gaya sentrifugal untuk merubah tekanan dalam ruangan dengan kecepatan putaran tertentu.

Hasil dari proses tersebut berupa alat ROGER yang siap pakai dengan kapasitas 3 kg dan waktu masak selama 45 menit. ROGER telah terbukti menurunkan indeks glikemik nasi putih dengan penurunan sebesar 27%. "Pada proses pengujian lanjut terhadap pasien penderita Diabetes Mellitus (DM) didapatkan hasil penurunan nilai glukosa darah," katanya.

David Arohman mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan bisnis katering sehat My Heartbeat Company dalam rangka penerapan. Respon yang telah diberikan oleh mitra tersebut adalah berupa peningkatan efektifitas dalam memproduksi makanan untuk penderita penyakit khusus terutama DM dan membantu memperluas pemasarannya.

"Diharapkan alat ROGER dapat membantu bisnis makanan sehat yang lain dan masyarakat pada umumnya sehingga upaya hidup sehat dapat diterapkan lebih maksimal," ucapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement