Gedung Baru Puskesmas Temon II Beres, Pelayanan Segera Dibuka

Bangunan Puskesmas Temon II yang selesai dibangun di kompleks Relokasi Palihan, Selasa (28/8 - 2018).Harian Jogja/Uli Febriarni
29 Agustus 2018 13:15 WIB Uli Febriarni Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Akses masuk dan keluar di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Temon II segera dibangun. Saat ini kondisi jalan masih tanah berbatu.

Kepala Desa Sindutan, Kecamatan Temon, Radi, mengungkapkan Pemerintah Desa (Pemdes) Sindutan mengusulkan kepada Pemkab Kulonprogo agar jalan tersebut dibangun dan kemudian dihubungkan langsung ke jalan besar. Dengan dibangunnya Puskesmas Temon II yang baru di kompleks Relokasi Palihan, maka warga Desa Sindutan yang akan berobat ke Puskesmas akan menempuh jarak yang lebih pendek. "Hanya berjarak beberapa meter dari batas wilayah Desa Sindutan," kata dia, Selasa (28/8/2018).

Kepala Tata Usaha Puskesmas Temon II, Slamet Riyadi, menyatakan jajarannya sudah siap memberikan pelayanan kesehatan di gedung baru. Saat ini pembangunan gedung sudah selesai, menunggu penyerahan aset dari rekanan ke Pemkab Kulonprogo. Setelah tahapan penyerahan aset selesai, maka pemindahan segera dilakukan secara bertahap, mulai dari barang dan penataan ruangan.

Koordinator Kesehatan Keliling (Kesling) Puskesmas Temon II, Agus Surpiyanto, menerangkan untuk akses masuk dan keluar puskesmas sudah ada pembicaraan dengan Pemdes Sindutan dan Palihan. Nantinya ada jalan dari puskesmas ke jalan raya, sekaligus melengkapi tempat parkir.

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, mengatakan Pemkab bakal memperbaiki dan membangun jalan menuju Puskesmas Temon II. Diharapkan pada 2019 pembangunan jalan sudah selesai.