24th Career Days Digelar, Ada 414 Lowongan Kerja Loh

Pencari kerja tengah berkonsultasi di 24th Career Days. - Harian Jogja/I Ketut Sawitra Mustika
03 September 2018 06:17 WIB I Ketut Sawitra Mustika Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-Engineering Career Center (ECC) Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar pesta bursa kerja 24th Career Days selama dua hari (1-2/9). Sebanyak 66 perusahaan dari berbagai bidang industri bertaraf lokal, nasional dan internasional menawarkan 414 lowongan kerja bagi para pengunjung.

Ketua Panitia 24th CD ECC UGM Haryo Kusuma Wibawa mengatakan, pihaknya menargetkan kurang lebih 25.000 pengunjung, yang terdiri dari pencari kerja yang baru lulus kuliah dan orang-orang yang telah berpengalaman, mengunjungi gelaran tersebut.

Berbeda dengan CD sebelumnya, pada penyelenggaraan kali ini, ECC UGM menggunakan sistem tanpa kertas atau paperless, di mana peserta bukan anggota yang belum sempat melakukan registrasi bisa mendaftar secara online di booth registrasi yang telah disediakan panyelenggara 24th CD ECC UGM.

"Acara ini terbuka untuk umum dan gratis. Kalau untuk menjadi anggota, di luar UGM, dikenakan biaya Rp100.000 untuk selamanya," jelas Haryo usai pembukaan 24th CD ECC UGM, Sabtu (1/9/2018).

Haryo mengatakan, 24th CD bukan sekedar joba fair biasa. ECC UGM menyediakan berbagai fasilitas gratis seperti conseling booth yang bisa dimanfaatkan oleh pencari kerja untuk melakukan konseling dengan professional counselor ECC dan careernews booth yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk melepas penat sejenak dengan memainkan beragam permainan seru.

Selain itu, tambah Haryo, juga ada sesi presentasi perusahaan partisipan 24th CD ECC UGM yang bisa diikuti pengunjung. Dalam sesi ini, 12 perusahaan berkenalan langsung dengan pengunjung, memaparkan informasi dan tanya jawab terkait profil, dan kesempatan bergabung ke perusahaan tersebut.

24th CD ECC UGM sendiri mengangkat tema besar A Shifting to Overcome Human Capital Turmoils. Haryo mengatakan, tema tersebut diambil karena pihaknya ingin mengajak perusahaan dan pencari kerja untuk sama-sama mengambil langkah dalam memperbaiki permasalahan sumber daya manusia.

Ia mengatakan, selama 2018, ECC UGM telah membantu 40 perusahaan nasional maupun multinasional dalam melakukan rekrutmen karyawan. Total kandidat yang menjalani tes seleksi bersama tim HCS ECC UGM sejumlah 8,492 orang. Hasilnya, hanya 46.94% kandidat yang masuk pada kategori disarankan, kurang dari separuh, dan 52.48% kandidat dinyatakan tidak layak menjalani tes berikutnya.

"Kalau perusahaan pengin dapat karyawan [bagus], tolong ke kampus bilang bagaimana kandidat yang dibutuhkan. Di sisi lain job seeker juga harus mengupgrade kemampuannya. Kami berharap acara ini bisa membantu pencari kerja mengembangkan diri dan membantu perusahaan partisipasn menjaring bibit-bibit terbaik bangsa secara efektif," jelas Haryo.

Dekan Fakultas Teknik UGM Nizam dalam sambutannyq mengatakan, di era sekarang, kompetitor dan mitra punya batas yang tipis sekali. Hal terpenting yang perlu jadi perhatian para pekerja saat ini adalah kolaborasi dan juga kemampuan komunikasi.

"Dengan ragam budaya dan latar belakang beragam, telinga harus lebih tebal. Hati harus lebih dingin," tuturnya.